Rusbianingrum, Rizqi (2010) Pengaruh Motivasi Kerja dan Fasilitas Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT Pos Indonesia (Persero) Mail Processing Centre Semarang. Undergraduate thesis, FISIP Universitas Diponegoro.
| PDF 79Kb |
Official URL: http://fisip.undip.ac.id/adbis
Abstract
PT. Pos Indonesia (Persero) merupakan salah satu BUMN yang mengelola jasa komunikasi tertulis di Indonesia. Peran PT. Pos Indonesia dalam mempermudah dan mendukung mobilitas para pengguna jasa tentu mengharapkan profit atau keuntungan dari penjualan jasanya. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah. Persaingan dalam bisnis komunikasi tertulis (surat) dan pengiriman barang saat ini semakin tinggi seiring dengan semakin banyaknya perusahaan swasta yang menawarkan jasa pengiriman barang kepada masyarakat. Penelitian dilakukan di PT. Pos Indonesia (Persero) Mail Processing Centre Semarang pada karyawan kantor Mail Processing Centre Semarang. Dari data yang diperoleh dapat diketahui bahwa dalam empat tahun terakhir, pihak kantor Mail Processing Centre Semarang belum mampu meningkatkan jumlah pengiriman baik surat pos maupun paket pos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi kerja dan fasilitas kerja terhadap prestasi kerja karyawan kantor Mail Processing Centre. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatory dengan jenis data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer melalui kuesioner dengan penentuan sample menggunakan teknik purposive sampling dan teknik pengambilan sample dengan accidental sampling. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment, koefisien detereminasi, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja memiliki pengaruh secara parsial terhadap prestasi kerja sebesar 0,370 atau 37,0%, variabel fasilitas kerja memiliki pengaruh secara parsial terhadap prestasi kerja sebesar 0,388 atau 38,8% serta variabel motivasi kerja dan fasilitas kerja memiliki pengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap variabel prestasi kerja sebesar 0,420 atau 42,0%. Secara umum dalam penelitian ini motivasi kerja yang diberikan PT. Pos Indonesia (Persero) Mail Processing Centre Semarang adalah tinggi dan dalam hal fasilitas kerja dipandang baik. Saran yang dapat diberikan untuk perusahaan adalah diharapkan kantor Mail Processing Centre harus dapat mempertahankan motivasi kerja tinggi yang dimiliki karyawan dan terus meningkatkan kualitas dari fasilitas kerja yang ada sehingga akan mempermudah dalam pencapaian prestasi karyawannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
ID Code: | 7251 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 08 Mar 2010 14:38 |
Last Modified: | 08 Mar 2010 14:38 |
Repository Staff Only: item control page