PERLINDUNGAN INDIKASI GEOGRAFIS SENI UKIR JEPARA DI TINJAU DARI UNDANG – UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS

PRASTUTI, FAHMI and Santoso , Budi and LESTARI, SARTIKA NANDA (2018) PERLINDUNGAN INDIKASI GEOGRAFIS SENI UKIR JEPARA DI TINJAU DARI UNDANG – UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kabupaten Jepara Merupakan sentra penghasil Mebel Seni Ukir dan telah mendapatkan perlindungan berupa penerbitan sertifikat Indikasi Geografis . Mengingat Indikasi Geografis merupakan potensi nasional yang dapat menjadi komunitas unggulan baik dalam perdagangan domestik maupun internasional, dimana pengaturan tersebut telah di atur dalam Undang – Undang Nomor 15 tahun 2001 tentang Merek yang mana telah diubah menjadi Undang – Undang Nomor 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Tujuan dari penerbitan sertifikat Indikasi Geografis tersebut adalah untuk mengetahui betapa pentingnya pelindungan atas Seni Ukir di wilayah Kabupaten Jepara Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah perbedaan pengaturan tentang Indikasi Geografis Undang-undang lama dengan Undang-undang baru serta mengetahui arti dari pentingnya perlindungan Indikasi Geografis Seni Ukir Jepara bagi masyarakat dan pemerintah setempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris. Metode pendekatan yuridis merupakan pendekatan yang mengacu pada siatu hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sedangkan metode pendekatan empiris yaitu penelitian yang menelusuri kenyataan hukum di tengah masyarakat yang objeknya adalah penegakan hukum dan hukum yang hidup dalam masyarakat.. Hasil dari penelitin ini menunjukan perbedaan pengaturan Indikasi Geografis dari Undang – Undang nomor 15 tahun 2001 tentang Merek dengan Undang – Undang nomor 20 tahun 2016 tentang Merek dan indikasi Geografis . perbedaan tersebut dapat dilihat dari pengertian Indikasi Geografis , Indikator dari Indikasi Geografis serta syarat dan tata cara dalam mengajukan hak indikasi geografis. Perlindungan terhadap Seni Ukir Jepara telah di daftarkan oleh pemerintah dan mendapat sertifikat pada tahun 2014 . perlindungan ini memiliki arti penting bagi pemerintah dan masyrakat . namun sebagian dari masyarakat asing dengan Istilah Indikasi Geografis serta fungsi dari sertifikat itu sendiri .

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:72437
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 May 2019 10:01
Last Modified:08 May 2019 10:01

Repository Staff Only: item control page