ALIH FUNGSI TANAH PERTANIAN KE NON PERTANIAN UNTUK PEMBANGUNAN PERUMAHAN (StudiKasus Di KecamatanCibitung, KabupatenBekasi)

Nadinne, Astari and Triyono, Triyono and Silviana, Ana (2018) ALIH FUNGSI TANAH PERTANIAN KE NON PERTANIAN UNTUK PEMBANGUNAN PERUMAHAN (StudiKasus Di KecamatanCibitung, KabupatenBekasi). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Semakin meningkatnya jumlah penduduk dan semakin intensifnya aktivitas, maka permintaan akan pembangunan perumahan semakin meningkat yang mengakibatkan terjadinya alih fungsi tanah pertanian ke non pertanian. Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi merupakan salah satu kawasan dengan peruntukan pertanian sesuai dengan PERDA Kabupaten Bekasi No. 12 Tahun 2011 Tentang Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bekasi Tahun 2011-2031, namun banyak diubah penggunaannya menjadi tanah non pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan banyak terjadinya alih fungsi tanah pertanian ke non pertanian di Kabupaten Bekasi, pelaksanaan alih fungsi tanah pertanian ke non pertanian di Kabupaten Bekasi, serta kendala yang dihadapi dalam proses alih fungsi tanah pertanian ke non pertanian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang kemudian data dianalisis dengan metode analisis kualitatif yaitu menganalisis data secara interpretative menggunakan teori atau hukum positif kemudian secara induktif ditarik kesimpulan untuk menjawab permasalahan yang ada. Hasil pembahasan dari penulisan hukum ini adalah alih fungsi tanah pertanian ke non pertanian di Kabupaten Bekasi terjadi karena beberapa faktor, yaitu faktor ekonomi, kependudukan dan hukum. Pelaksanaan alih fungsi yang dilakukan oleh PT. Bangun Dwiputra Jaya sudah sesuai dengan peraturan yang ada dan oleh karena itu permohonan alih fungsi yang diajukan oleh PT. Bangun Dwiputra Jaya untuk pembangunan perumahan diterima setelah melalui beberapa pertimbangan. Kendala yang dihadapi adalah masih minimnya sosialisasi dari pemerintah ke masyarakat dan belum tersedianya payung hukum yang lebih spesifik mengenai alih fungsi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa alih fungsi tanah pertanian ke non pertanian untuk pembangunan perumahan di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi telah sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:72433
Deposited By:Ms Fahim FH
Deposited On:08 May 2019 09:31
Last Modified:08 May 2019 09:31

Repository Staff Only: item control page