SARI, Mardhika S and Hadiyanto, Hadiyanto and Muhammad, Fuad (2019) LIFE CYCLE ASSESSMENT PROSES HULU PRODUKSI MINYAK BUMI AREA GERAGAI DAN GAS BUMI AREA BETARA DI BLOK JABUNG KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR DAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT PROVINSI JAMBI OLEH PETROCHINA INTERNATIONAL JABUNG LTD. Masters thesis, School of Postgraduate.
| PDF 816Kb | |
| PDF 185Kb | |
| PDF 829Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 219Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 785Kb | ||
| PDF 135Kb | |
| PDF 165Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 1549Kb |
Abstract
Isu lingkungan Pemanasan Global / Perubahan Iklim Global akhir-akhir ini banyak dibicarakan di konvensi-konvensi lingkungan dunia seiring dengan peningkatan permintaan jumlah energi. Industri hulu migas sebagai salah satu penyuplai di rantai energi dunia ditengarai memiliki kontribusi dalam dampak ini. Untuk mengetahuinya, dapat dilakukan dengan pendekatan life cycle assessment (LCA). Tujuan dari analisa ini adalah menganalisa dampak potensi pemanasan global maupun penipisan lapisan ozon stratosfer dari industri hulu migas PetroChina International Jabung Ltd., menganalisa hotspot dari setiap tahapan kegiatan yang paling berkontribusi bagi dampak, dan memberikan beberapa saran untuk keberadaan hotspot tersebut dengan melakukan inventori data dari pembersihan dan penyiapan lahan, pemboran sumur, pemisahan hasil produksi (gas dan minyak), sistem pengangkutan dari sumur ke fasilitas pemrosesan utama, serta fasilitas pendukung operasional perusahaan. Metode LCA yang digunakan dalam analisa ini adalah ReCiPe 2016 Midpoint (H). Dari hasil pengamatan dan analisa terhadap data yang ada di dapatkan total potensi pemansan global dari perusahaan ini dengan mengikutkan fasilitas kendaraan pendukung sebesar 8.56E+05 kg CO2 eq / point dan potensi penipisan lapisan ozon stratosfer sebesar 2.41E+00 kg CFC11 eq / point. Apabila fasilitas tersebut tidak dimasukkan, maka perusahaan ini berkontribusi terhadap nilai GWP sebesar 3.04E+02 kg CO2 eq / point dan SODP sebesar 1.62E-06 kg CFC11 eq / point. Hasil analisa tersebut sangat bergantung pada ketersediaan data, inventori data dan kondisi dari perusahaan itu sendiri (karakteristik reservoar, karakteristik produk, dan kondisi peralatan). Beberapa teknologi dalam upaya mereduksi emisi dari mesin berbahan bakar diesel di antaranya: ACCT, BISG, Piezo injector, Cylinder deactivation, mereduksi friksi engine, Homogeneous Charge Compression Ignition (HCCI), penggunaan kendaraan dengan sistem ecodriving, penggunaan catalytic converter. Sedangkan untuk mereduksi emisi dari sistem suar: EO/GR, GTG, pengkompresan kembali untuk gas suar, dan CCS. Selain dari segi keteknikan, reduksi emisi dapat dilakukan dengan adanya optimalisasi ruang terbuka hijau (RTH). Kata kunci: LCA, pemanasan global, penipisan lapisan ozon stratosfer Global warming is more up to date issue in many topic of environment convention in the world, besides increasing of energy demand, mostly caused by green house gasses effect (GHGs). As the upstream of oil and gas industry, this company has potential contribution for this environment impact. Life cycle assessment is one of the approaches for analyses global warmig potential (GWP) and strathospheric ozone depletion potential (SODP). The objection of this research are evaluate from company activities which hase potential impact for GWP and SODP in PetroChina International Jabung Ltd., analyze the hotspot each stage of the activities, and give some alternative solution to reduce the impact. The inventory data used are from land preparation stage, drilling stage, gas and oil processing, transmission stage, and road construction supporting stage. Methodology of LCA in this research is ReCiPe 2016 Midpoint (H). The result of this research with total of GWP from this activity with supporting vehicle is 8.56E+05 kg CO2 eq / point and 2.41E+00 kg CFC11 eq / point for SODP. If this facility is removed, GWP value from this company is 3.04E+02 kg CO2 eq / point and SODP provide value 1.62E-06 kg CFC11 eq / point. Result from the analyses depend on data provide, data inventories, company condition (reservoar characteristic, product characteristic, and machinery condition). Alternative technologies to reduce emission from diesel are ACCT, BISG, Piezo injector, Cylinder deactivation, reducing engine friction, Homogeneous Charge Compression Ignition (HCCI), ecodriving system, using catalytic converter. Flaring system, it can be use EO/GR, GTG, flaring gas recompression, dan CCS. Optimalize open green space is also can be used to decrease the emission. Keyword: LCA, global warming, strathospheric ozone depletion
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | School of Postgraduate > Master Program in Environmental Science |
ID Code: | 72417 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 07 May 2019 13:43 |
Last Modified: | 07 May 2019 13:43 |
Repository Staff Only: item control page