HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN FUNGSI KOGNITIF MAHASISWA TINGKAT AKHIR KEDOKTERAN UMUM FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Permatasari, Utta Gatra and MUHARTOMO, HEXANTO and Sarjana A.S, Widodo (2019) HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN FUNGSI KOGNITIF MAHASISWA TINGKAT AKHIR KEDOKTERAN UMUM FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
492Kb
[img]
Preview
PDF
191Kb
[img]
Preview
PDF
391Kb
[img]
Preview
PDF
303Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

191Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

103Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

83Kb

Abstract

Latar Belakang: Tidur merupakan kebutuhan fisiologis manusia. Tidur memfasilitasi berbagai fungsi yang berbeda, seperti pertumbuhan dan perbaikan, serta konsolidasi memori. Mahasiswa kedokteran umum merupakan kelompok dewasa muda yang rentan mengalami stres karena tuntutan belajar dan tugas yang berat serta aktivitas yang padat, sehingga dapat mempengaruhi kualitas tidur mereka. Jumlah tidur yang kurang dalam waktu lama akan mempengaruhi proses metabolik, kesehatan fisik dan emosi, serta kemampuan neurokognitif. Tujuan: Menganalisis hubungan kualitas tidur terhadap fungsi kognitif mahasiswa. Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional. Subjek penelitian ini didapatkan dengan consecutive sampling serta memenuhi kriteria inklusi. Data yang telah terkumpul kemudian diperiksa kelengkapan dan kebenarannya lalu diberi kode dan dianalisis menggunakan analisis bivariat uji t-independent test. Hasil: Berdasarkan analisis hubungan antara kualitas tidur yang diukur menggunakan kuesioner PSQI dengan fungsi kognitif mahasiswa yang dinilai menggunakan instrumen Moca-Ina didapatkan p = 0,010. Didapatkan pula hubungan dengan korelasi lemah antara kualitas tidur dengan domain fungsi kognitif bahasa (p = 0,028) (r = -0,312). Simpulan: Didapatkan hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan fungsi kognitif mahasiswa, serta korelasi lemah dengan domain bahasa. Kata kunci: Kualitas tidur, PSQI, fungsi kognitif, MoCA-Ina, cross-sectional, mahasiswa, bahasa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:72328
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 May 2019 08:43
Last Modified:06 May 2019 08:43

Repository Staff Only: item control page