Kurniawati SMJ, R. AJ. Dwi and Dewi, Dian Puspita and SUDARYANTO, SUDARYANTO (2019) KORELASI ANTARA FAKTOR USIA, JENIS KELAMIN, DAN IPK DENGAN PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI LINGKUNGAN BELAJAR KLINIK DI KEPANITERAAN KLINIK ILMU THT-KL FK UNDIP. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.
| PDF 441Kb | |
| PDF 193Kb | |
| PDF 441Kb | |
| PDF 201Kb | |
PDF Restricted to Registered users only 190Kb | ||
PDF Restricted to Registered users only 241Kb | ||
PDF Restricted to Registered users only 92Kb |
Abstract
Latar Belakang : Pendidikan tahap profesi adalah bentuk pembelajaran klinik dan komunitas (community experince) yang menggunakan bentuk dan tingkat pelayanan kesehatan nyata yang memenuhi persyaratan sebagai tempat praktik kedokteran. Hal - hal yang mendasari keberlangsungan pendidikan tahap profesi antara lain kompetensi, kesempatan berlatih, banyaknya tempat untuk berlatih, dan pembelajaran klinis. Program pendidikan tahap profesi di masing-masing universitas kedokteran di Indonesia maupun luar negeri memiliki tahap pembelajaran klinis yaitu kepaniteraan klinik atau rotasi klinik yang dimana mahasiswa dapat secara langsung merasakan hubungan dari pendidikan teori dengan praktik, serta mengenal dunia profesi kedokteran secara nyata melalui kontak dengan pasien. Tujuan : Mengetahui skor lingkungan belajar mahasiswa kepaniteraan klinik Ilmu THT-KL FK Undip mengenai persepsi otonomi peran, pembelajaran, dan dukungan sosial dan menganalisis hubungan faktor usia, jenis kelamin, dan IPK dengan persepsi mahasiswa di kepaniteraan klinik ilmu THT – KL FK Undip Metode : Desain penelitian ini adalah cross sectional. Pengambilan sampel dengan cara mengumpulkan tiga puluh satu co-ass kepaniteraan klinik Ilmu THT-KL yang memenuhi kriteria ekslusi dan inklusi pada periode September, Oktober, dan November 2018. Pengumpulan sampel menggunakan kuesioner PHEEM. Analisis data menggunakan uji spearman. Hasil : Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara persepsi mahasiswa dengan usia, jenis kelamin, dan IPK di kepaniteraan klinik Ilmu THT-KL. Pada usia didapatkan hasil p=0,478, Jenis Kelamin didapatkan hasil p=0,455, dan IPK didapatkan hasil p=0893, sehingga menunjukkan hasil tidak bermakna. Kesimpulan : Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara persepsi mahasiswa dengan usia, jenis kelamin, dan IPK di kepaniteraan klinik Ilmu THT-KL berdasarkan analisis data yang didapatkan. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi persepsi mahasiswa mengenai lingkungan belajar mahasiswa yaitu otonomi peran, sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan kompetensi mahasiswa, dan dukungan sosial. Kata kunci : Persepsi mahasiswa, Kepaniteraan Klinik THT-KL, Jenis Kelamin, Usia, IPK
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Medicine Faculty of Medicine > Department of Medicine |
ID Code: | 72288 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 03 May 2019 11:02 |
Last Modified: | 03 May 2019 11:02 |
Repository Staff Only: item control page