DISABILITAS PERKEMBANGAN BALITA TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KADER POSYANDU BALITA (Studi di Puskesmas Rowosari)

Meiliawati, Nur Aini Ayu and JULIANTI , HARI PENI and Adespin, Dea Amarilisa (2019) DISABILITAS PERKEMBANGAN BALITA TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KADER POSYANDU BALITA (Studi di Puskesmas Rowosari). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
259Kb
[img]
Preview
PDF
117Kb
[img]
Preview
PDF
284Kb
[img]
Preview
PDF
198Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

316Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

107Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

164Kb

Abstract

Latar Belakang Disabilitas merupakan pembatasan atau ketidakmampuan untuk melakukan suatu kegiatan dengan cara yang atau dalam rentang dianggap normal bagi manusia, sebagian besar akibat penurunan kemampuan. Prevalensi penyandang disabilitas pada balita di Indonesia terjadi peningkatan setiap tahunnya. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, di antaranya adalah dengan meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan dasar. Upaya peningkatan akses terhadap pelayanan kesehatan dasar bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk kader. Pelatihan skrining dan edukasi disabilitas perkembangan balita diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Kader Posyandu Balita. Tujuan Membuktikan pengaruh pelatihan skrining dan edukasi disabilitas perkembangan balita terhadap pengetahuan dan keterampilan kader Posyandu Balita. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental dengan desain the one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 35 orang Kader Posyandu Balita. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan dan checklist keterampilan. Uji statistik yang digunakan adalah uji t berpasangan. Hasil Hasil uji t berpasangan nilai pretest dan posttest pengetahuan dan keterampilan didapatkan hasil yang signifikan dengan nilai p<0,05. Kesimpulan Pelatihan skrining dan edukasi disabilitas perkembangan balita pada Kader Posyandu Balita berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Kader Posyandu Balita. Kata Kunci: Pelatihan, Skrining, Edukasi, Disabilitas Perkembangan Balita, Pengetahuan, Keterampilan, Kader Posyandu Balita.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:72215
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 May 2019 10:26
Last Modified:02 May 2019 10:26

Repository Staff Only: item control page