PERLINDUNGAN HUKUM NASABAH BANK APABILA TERJADI PENYIMPANGAN PENATAUSAHAAN REKENING YANG DILAKUKAN PIHAK TERAFILIASI DALAM PERBANKAN

AZMI, ULUL and Mahmudah, Siti and Prananingtyas, Paramita (2018) PERLINDUNGAN HUKUM NASABAH BANK APABILA TERJADI PENYIMPANGAN PENATAUSAHAAN REKENING YANG DILAKUKAN PIHAK TERAFILIASI DALAM PERBANKAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era globalisasi ini kehidupan manusia mengalami banyak perkembangan termasuk dalam bidang perekonomian.Pertumbuhan ekonomi membuat lembaga perbankan sebagai salah satu lembaga keuangan yang mempunyai peranan penting dalam menunjang kehidupan ekonomi masyarakat di suatu negara.Berbagai jenis usaha ditawarkan oleh bank seperti kredit dan tabungan deposito yang dapat membantu dalam kegiatan perekonomian masyarakat.Terdapat beberapa prinsip hukum perbankan yang harus dilaksanakan oleh setiap bank agar aktivitasnya dapat berjalan lancar dan dapat terhindar dari risiko. Permasalahan yang menjadi dasar penelitian ini adalah mengenai bentuk penyimpangan penatausahaan yang dapat dilakukan pihak terafiliasi dalam perbankan terhadap pengelolaan rekening nasabah dan bentuk pertanggungjawaban pihak perbankan apabila terjadi penyimpangan penatausahaan rekening nasabah. Metode yang digunakan adalah yuridis normatif.Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis.Data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi hukum primer, hukum sekunder, dan hukum tersier, termasuk dalam bentuk peraturan, buku dan jurnal, serta kamus.Data sekunder yang diperoleh melalui studi pustaka kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan penelitian, walaupun etika dan pola pelayanan pegawai bank telah diatur.Kenyatannya kegiatan perbankan tidak terlepas dari penyimpangan penatusahaan para pihak terafilasi dalam perbankan sebagai individu yang memiliki kewenangan dalam industri perbankan, penyimpangan penatausahaan tersebut memberikan kerugian pada nasabah bank.Kerugian pada nasabah menjadi tanggungjawab pihak terafiliasi yang melakukan perbuatan melawan hukum dan bank sebagai institusi. Dapat disimpulkan bahwa berkembangnya perekonomian global membuat permasalahan ekonomi akan menjadi sebuah resikonya, penyimpangan penatausahaan sangat merugikan dalam sektor perbankan karena dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan dari masyarakat atau nasabah kepada bank yang berdampak buruk bagi keberlangsungan kegiatan bank. Perbankan seharusnya terus melakukan perbaikan dalam hal pengendalian internal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:72189
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Apr 2019 14:42
Last Modified:30 Apr 2019 14:42

Repository Staff Only: item control page