Hasil Turnitin "PERANCANGAN SISTEM ANTARMUKA BERBASIS HMI (HUMAN MACHINE INTERFACE) PADA MODEL PLANT AUTO COWFEEDER MACHINE"

Abdul Azis, Muhammad and Triwiyatno , Aris and Sumardi, Sumardi Hasil Turnitin "PERANCANGAN SISTEM ANTARMUKA BERBASIS HMI (HUMAN MACHINE INTERFACE) PADA MODEL PLANT AUTO COWFEEDER MACHINE". Jurnal Transmisi Teknik Elektro Undip.

[img]
Preview
PDF
3408Kb

Abstract

Dewasa ini penerapan inovasi teknologi pada peternakan semakin berkembang salah satu penerapannya yaitu teknologi pemberian pakan secara otomatis. Namun teknologi pemberian pakan secara otomatis masih kurang penerapannya di Indonesia padahal pemberian makan secara tepat dan efisien dapat meningkatkan faktor produksi. Pada penelitian sebelumnya, sudah dibuat prototype model plant Auto Cowfeeder Machine yang berfungsi menyalurkan pakan secara otomatis. Pada plant tersebut masih memiliki kelemahan antara lain tidak adanya sistem pengawasan kondisi plant. Agar dapat mengurangi kekurangan plant maka perlu diterapkan sistem yang dapat memantau kondisi plant yaitu HMI (Human Machine Interface). HMI dirancang menggunakan software CX-Supervisor dan database MySQL. HMI ini memiliki 4 fitur utama yaitu pengawasan, pengontrolan, penyimpanan database, dan sistem peringatan (Alarm). Pengujian sistem pengawasan menghasilkan bahwa HMI sudah dapat memantau kondisi plant dengan baik dan memiliki delay rata-rata 2,49 detik. Pengujian sistem pengontrolan menghasilkan bahwa HMI sudah dapat mengontrol plant. Pengujian alarm menunjukkan hasil bahwa alarm sudah dapat bekerja dengan baik. Pengujian database menunjukkan bahwa fungsi penyimpanan database pada HMI sudah dapat berjalan dengan baik. Secara keseluruhan HMI yang dirancang sudah dapat berjalan dengan baik

Item Type:Other
Subjects:T Technology > Computer engineering. Embedded system. Network. Softwares. Robotics. Multimedia
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:71919
Deposited By:Dr. Wahyudi Wahyudi
Deposited On:24 Apr 2019 09:13
Last Modified:24 Apr 2019 09:13

Repository Staff Only: item control page