Hasil Turnitin "RANCANG BANGUN ELECTRICITY MANAGEMENT SYSTEM UNTUK BEBAN PENERANGAN DAN PENDINGINAN PADA RUANG B.301 TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS DIPONEGORO"

Hermansyah , Achmad and Sumardi, Sumardi and Triwiyatno , Aris Hasil Turnitin "RANCANG BANGUN ELECTRICITY MANAGEMENT SYSTEM UNTUK BEBAN PENERANGAN DAN PENDINGINAN PADA RUANG B.301 TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS DIPONEGORO". Jurnal Transmisi Teknik Elektro Undip.

[img]
Preview
PDF
2612Kb

Abstract

Institusi pendidikan memiliki beban pada setiap ruangan. Dalam penggunaannya terkadang terlalu berlebihan. Hal ini menyebabkan pemborosan energi. Para pengguna ruangan juga memiliki kesadaran yang kurang. Electricity management system dirancang untuk mengatasi pemborosan energi. Sistem berfungsi sebagai pengaturan beban lampu dan AC pada ruang B.301 teknik Elektro Universitas Diponegoro, sehingga penggunaan energi listrik yang optimal dapat tercapai. Penyalaan dan pematian beban ini menggunakan tiga mode, yaitu mode manual dengan saklar, mode remote dari HMI, dan mode penjadwalan. Sensor LDR digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan cahaya dari luar. Sensor ini bekerja berdasarkan pembukaan tirai pada ruang laboratorium. Sistem ini menggunakan PLC Omron CPM1A 40 CDR sebagai kontroler dengan ladder diagram yang dibuat melalui CX-Programmer. HMI sebagai pengaktifan mode remote dan penjadwalan dibuat melalui CX-Supervisor. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah electricity management system dapat berfungsi dengan baik. Sistem hanya dapat menyalakan dan mematikan beban melalui satu mode. Mode manual mampu menyalakan dan mematikan beban dari saklar yang tersedia dengan waktu yang cepat. Mode remote memilik rata-rata waktu tunda sebesar 5,55 detik pada pergantian status beban di ruangan dan rata-rata sebesar 10,89 detik pada tampilan HMI. Sistem berfungsi dengan baik pada mode penjadwalan per hari.Sistem mampu menyalakan beban sesuai dengan waktu yang ditentukan

Item Type:Other
Subjects:T Technology > Computer engineering. Embedded system. Network. Softwares. Robotics. Multimedia
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:71893
Deposited By:Dr. Wahyudi Wahyudi
Deposited On:23 Apr 2019 07:18
Last Modified:23 Apr 2019 07:18

Repository Staff Only: item control page