Hasil Turnitin"DESAINAUTO TUNINGPIDMENGGUNAKAN LOGIKA FUZZYPADA SISTEM SUSPENSI AKTIF TIPE PARALELNONLINEARMODEL KENDARAAN SEPEREMPAT"

Bagus, Oni and Sumardi, Sumardi and Triwiyatno , Aris Hasil Turnitin"DESAINAUTO TUNINGPIDMENGGUNAKAN LOGIKA FUZZYPADA SISTEM SUSPENSI AKTIF TIPE PARALELNONLINEARMODEL KENDARAAN SEPEREMPAT". Jurnal Transmisi Teknik Elektro Undip.

[img]
Preview
PDF
2627Kb

Abstract

Sistem suspensi pada kendaraan merupakan salah satu komponen pentingSistem suspensi aktif terbagi menjadi 2 yaitu tipe seri dan paralel. Sistem suspensi yang ideal dapatmeminimalkan defleksi dan percepatan vertikal badan kendaraan yang menjamin keamanan dankenyamanan dalam berkendara untuk variasi kondisi permukaan jalan.Pada penelitian ini menggunakan kendali autotuningfuzzy PID untuk menganalisis sistem suspensi aktif tipe paralel nonlinier pada model kendaraan seperempat. Gain keluaran dari fuzzy PID dikalikan dengan gain aktuator (Gu) dan menjadi masukan aktuator hidrolik. Keluaran dari aktuator merupakan daya eksternal (U) yang masuk ke sistem suspensi aktif . Suspensi aktif diuji dengan beberapa model gangguan yang diwakilkan oleh sinyal step, gundukan, random, dan sinusoidal.Berdasarkan simulasi menggunakan Matlab, sistem suspensi aktif autotuning fuzzy PID memiliki performansi lebih baik dan faktor keamanan dan kenyamanan yang relatif lebih baik pada frekuensi 0-20 Hz

Item Type:Other
Subjects:T Technology > Computer engineering. Embedded system. Network. Softwares. Robotics. Multimedia
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:71889
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Apr 2019 05:38
Last Modified:23 Apr 2019 05:38

Repository Staff Only: item control page