PENGARUH PENAMBAHAN AIR PERASAN JERUK NIPIS (Citrus aurantiifolia) DALAM AIR MINUM SEBAGAI ACIDIFIER TERHADAP TAMPILAN KARKAS AYAM BROILER

RAKHMANSYAH, ADITYA and Sarengat, Warsono and Sarjana, Teysar Adi (2019) PENGARUH PENAMBAHAN AIR PERASAN JERUK NIPIS (Citrus aurantiifolia) DALAM AIR MINUM SEBAGAI ACIDIFIER TERHADAP TAMPILAN KARKAS AYAM BROILER. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
1149Kb
[img]
Preview
PDF
30Kb
[img]
Preview
PDF
23Kb
[img]
Preview
PDF
52Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1411Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji manfaat asam sitrat alami melalui air perasan jeruk nipis sebagai acidifier untuk meningkatkan tampilan karkas ayam broiler serta menurunkan lemak abdominal. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 3 Januari - 17 Febuari 2017 di kandang Laboratorium Ternak Unggas Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan yaitu 90 ekor day old chick (DOC) broiler dengan bobot rata-rata sebesar 38 ± 0,1 g, pakan yang di gunakan pakan komersial yang diproduksi PT. Charoen Pokhpand dengan merk dagang BR1-CP511 untuk fase starter dan 201-C untuk fase finisher. Alat alat yang digunakan tempat pakan dan minum, termometer, timbangan. Rancangan penelitian yaitu rancangan acak lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan yang diulang sebanyak 6 kali. Perlakuan terdiri dari T0 (pakan dan air minum tanpa penambahan perasa jeruk nipis), T1 (pakan dan air minum yang ditambahkan dengan 0,5% perasan jeruk nipis), dan T2 (pakan dan air minum yang diberi 1% perasan jeruk nipis). Parameter yang diamati adalah, bobot karkas, persentase bobot karkas, dan persentase lemak abdominal Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan berbagai level air perasan jeruk nipis dalam air minum tidak memberikan pengaruh nyata terhadap bobot karkas dan persentase karkas karena hasil rata- rata yang dihasilkan masih rendah, tetapi menunjukan perbedaan nyata pada persentase lemak abdominal. Berdasarkan hasil penelitian penambahan jeruk nipis dalam air minum pada level 0,5% dan 1% belum mampu memperbaiki tampilan karkas namun mampu menurunkan lemak abdominal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:71579
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Apr 2019 09:26
Last Modified:15 Apr 2019 09:26

Repository Staff Only: item control page