JUMLAH ERITROSIT, HEMATOKRIT DAN KADAR HEMOGLOBIN AYAM KAMPUNG PERSILANGAN AKIBAT PENGGUNAAN TEPUNG Azolla microphylla DIFERMENTASI PADA PAKAN

DINULASLAM, LUCKY CAHYA and Muryani, Rina and Widiastuti, Endang (2019) JUMLAH ERITROSIT, HEMATOKRIT DAN KADAR HEMOGLOBIN AYAM KAMPUNG PERSILANGAN AKIBAT PENGGUNAAN TEPUNG Azolla microphylla DIFERMENTASI PADA PAKAN. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
425Kb
[img]
Preview
PDF
149Kb
[img]
Preview
PDF
152Kb
[img]
Preview
PDF
375Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1143Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan tepung Azolla michropylla yang difermentasi terhadap hematokrit, hemoglobin dan eritrosit. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Day Old Chick (DOC) ayam kampung persilangan (persilangan antara ayam Bangkok dan ayam Lohman 202) yang berasal dari peternakan rakyat desa Danurejo, kecamatan Kedu, Temanggung sebanyak 80 ekor dengan bobot badan rata-rata 38 g (CV = 3,33%). Bahan pakan yang digunakan adalah jagung, bungkil kedelai, bekatul, tepung ikan, pollard, CaCO , premix dan tepung Azolla microphylla difermentasi. Perlakuan pakan T0 (ransum basal tanpa tepung Azolla microphylla fermentasi), T1 (ransum mengandung tepung azolla fermentasi 10%), T2 (ransum mengandung tepung Azolla microphylla fermentasi 15%) dan T3 (ransum mengandung tepung Azolla microphylla fermentasi 20%). Kandungan protein pakan 17 % dan energi metabolisme 2.800 kkal/kg. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Parameter yang diamati meliputi jumlah eritrosit, hematokrit dan kadar hemoglobin. Data penelitian yang diperoleh kemudian di analisis ragam menggunakan uji F dengan taraf 5% dan dilanjutkan uji Duncan. 3 Hasil penelitian menunjukkan jumlah eritrosit 1,74 10 6 /µL, hematokrit 28,4% dan kadar hemoglobin 9,55 g/dL. Sehingga perlakuan penggunaan tepung Azolla microphylla difermentasi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap status darah. Simpulan dari penelitian ini adalah pemberian tepung Azolla microphylla difermentasi dapat mempertahankan status darah ayam kampung persilangan dengan pengurangan bahan pakan kaya protein.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:71542
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Apr 2019 10:11
Last Modified:12 Apr 2019 10:11

Repository Staff Only: item control page