ANALISIS SEBARAN EMISI SUSPENDED PARTICULATE MATTER DAN LOGAM NIKEL DARI CEROBONG PLTU DENGAN SOFTWARE AERMOD VIEW (Studi Kasus : PLTU Batubara)

Anwar, Khaerul (2019) ANALISIS SEBARAN EMISI SUSPENDED PARTICULATE MATTER DAN LOGAM NIKEL DARI CEROBONG PLTU DENGAN SOFTWARE AERMOD VIEW (Studi Kasus : PLTU Batubara). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
184Kb

Abstract

ABSTRAK Analisis Sebaran Emisi Suspended Particulate Matter dan Logam Nikel dari Cerobong PLTU dengan Software AERMOD View (Studi Kasus : PLTU Batubara) Proyek Percepatan Pembangkit Listrik Tenaga Batubara 10.000 mw merupakan proyek dari pemerintah untuk mengejar pasokan tenaga listrik untuk beberapa tahun mendatang. Pengoperasian PLTU sendiri mempunyai dampak lingkungan khususnya pada suspended particulate matter (SPM) dan logam dari hasil pembakaran batu bara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi SPM dan logam Nikel yang terkandung di dalamnya dan membuat estimasi sebaran SPM dan Nikel pada jarak 12 km dari sumber emisi. Penelitian ini menggunakan software AERMOD sebagai alat analisis spasial untuk untuk membuat estimasi sebaran SPM dan Nikel. AERMOD memerlukan data topografi dan data meteorologi. Ditentukan 3 titik reseptor, di 3 desa di Kabupaten Rembang. Pemodelan dibuat dengan menggunakan data meteorologi 2 tahun. Data meteorologi menunjukkan pada tahun 2016 dan 2017 arah angin dominan bertiup dari arah barat laut. Dari hasil pengukuran emisi didapatkan, pada unit 20 konsentrasi SPM sebesar 9,2 mg/m3 dan konsentrasi Nikel yaitu 0,03% dari massa SPM dan untuk unit 10 konsentrasi SPM sebesar 16,6 mg/m3 dan konsentrasi Nikel 0,04% dari massa SPM. Dari hasil model AERMOD didapatkan estimasi sebaran SPM dan Nikel cenderung bergerak lebih banyak ke arah tenggara. Hasil estimasi model AERMOD juga menunjukkan dua desa reseptor terpapar emisi SPM dan Nikel dari PLTU. Kata kunci: SPM; Nikel; AERMOD; PLTU; Sebaran  

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:71512
Deposited By:Ms teknik lingkungan
Deposited On:11 Apr 2019 13:25
Last Modified:11 Apr 2019 13:25

Repository Staff Only: item control page