KARAKTERISTIK DAN PERANAN LEMBAGA PETANI PEMAKAI AIR DALAM MENDUKUNG PRODUKTIVITAS HASIL PADI DI KECAMATAN TOBOALI KABUPATEN BANGKA SELATAN

PRABOWO, Arie and RUDIARTO, Iwan (2015) KARAKTERISTIK DAN PERANAN LEMBAGA PETANI PEMAKAI AIR DALAM MENDUKUNG PRODUKTIVITAS HASIL PADI DI KECAMATAN TOBOALI KABUPATEN BANGKA SELATAN. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
616Kb

Abstract

Sebagai daerah kepulauan, Provinsi Bangka Belitung rentan terhadap kerawanan pangan karena sebagian besar suplai beras berasal dari daerah lain, sehingga memerlukan kemandirian dalam memproduksi swasembada pangan. Berdasarkan dari data Kepulauan Bangka Belitung Dalam Angka tahun 2014, laju pertumbuhan produksi padi mengalami peningkatan sepanjang tahun 2010 – 2013, akan tetapi produktivitas padi menurun karena pada saat yang sama luas lahan panen meningkat. Terkait permasalahan diatas peneliti akan melakukan kajian mengenai kelembagaan yang berada di daerah irigasi Kecamatan Toboali. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana karakteristik dan peranan lembaga petani pemakai air dalam mendukung produktifitas hasil padi di Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan mengidentifikasi potensi dan permasalahan yang dimiliki oleh kawasan daerah irigasi di daerah wilayah studi dan analisis SWOT.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:71505
Deposited By:Mr/Ms S2 PWK Undip
Deposited On:11 Apr 2019 11:56
Last Modified:11 Apr 2019 11:56

Repository Staff Only: item control page