STUDI PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PELAKSANAAN MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN KELURAHAN DI KELURAHAN SEMANGGI KOTA SURAKARTA

PURWANDARI, Any Wahyu and MUSSADUN, Mussadun (2015) STUDI PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PELAKSANAAN MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN KELURAHAN DI KELURAHAN SEMANGGI KOTA SURAKARTA. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
492Kb

Abstract

Kelurahan Semanggi adalah salah satu kelurahan di Kota Surakarta yang memiliki penduduk terpadat dengan jumlah penduduk miskin terbanyak di Kecamatan Pasar Kliwon. Secara geografis, Kelurahan Semanggi terletak di jalur ekonomi yang menghubungkan Kota Surakarta dengan Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Sukoharjo. Di Kelurahan Semanggi, Musrenbangkel (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan) telah dilaksanakan sejak tahun 2000, meskipun demikian dalam pelaksanaannya saat ini mulai muncul permasalahan partisipasi masyarakat disebabkan oleh masyarakat yang mulai jenuh dengan kemonotonan pelaksanaan Musrenbangkel, minimnya program terpilih yang terealisasi dan Musrenbangkel yang hanya dianggap seremoni dan formalitas.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:71504
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Apr 2019 11:42
Last Modified:11 Apr 2019 11:42

Repository Staff Only: item control page