PENGARUH LAMA PENYIMPANAN TEPUNG IKAN RUCAH YANG DIBERI EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.) DALAM KEMASAN PLASTIK TERHADAP KUALITAS FISIK ORGANOLEPTIK

PURNAMASARI, ENDAH EKA and Pujaningsih, Retno Iswarin and Mukodiningsih, Sri (2019) PENGARUH LAMA PENYIMPANAN TEPUNG IKAN RUCAH YANG DIBERI EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.) DALAM KEMASAN PLASTIK TERHADAP KUALITAS FISIK ORGANOLEPTIK. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
512Kb
[img]
Preview
PDF
87Kb
[img]
Preview
PDF
174Kb
[img]
Preview
PDF
210Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

105Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

528Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1225Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji interaksi perlakuan perbedaan pemberian ekstrak daun kersen dan lama penyimpanan terhadap kualitas fisik organoleptik tepung ikan rucah. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang, pada bulan Agustus 2017 sampai bulan April 2018. Materi yang digunakan adalah tepung ikan rucah, ekstrak daun kersen, kemasan plastik dan sealer. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial 2×3 dengan 5 kali ulangan. Faktor pertama adalah pemberian ekstrak daun kersen dengan perlakuan A (tanpa ekstrak daun kersen) dan A [diberi 1% (v/w) ekstrak daun kersen konsentrasi 50%]. Faktor kedua adalah perbedaan lama penyimpanan yaitu: T 1 (penyimpanan 0 minggu), T 1 (penyimpanan 2 minggu), T (penyimpanan 4 minggu). Parameter yang diamati yaitu kualitas organoleptik yang terdiri dari tekstur, warna, aroma dan cemaran jamur. Data yang diperoleh dianalisis dengan analysis of variance (anova) dan dilanjutkan uji wilayah ganda Duncan. 2 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara penambahan ekstrak daun kersen dan lama penyimpanan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap warna tepung ikan rucah, namun tidak terjadi interaksi antar perlakuan terhadap tekstur, aroma dan cemaran jamur pada tepung ikan rucah. Lama penyimpanan berbeda nyata (P<0,05) menurunkan rata-rata skor cemaran jamur pada tepung ikan rucah. Simpulan dari hasil penelitian adalah pemberian ekstrak daun kersen dengan konsentrasi 50% hingga penyimpanan 4 minggu pada tepung ikan rucah menurunkan kualitas organoleptik terhadap warna. Pemberian ekstrak daun kersen dan lama penyimpanan mempertahankan kualitas organoleptik tepung ikan rucah terhadap tekstur, aroma dan jamur. Lama penyimpananan mempertahankan kualitas organoleptik tepung ikan rucah dengan tidak adanya cemaran jamur selama penyimpanan 4 minggu.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:71383
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Apr 2019 07:50
Last Modified:10 Apr 2019 07:50

Repository Staff Only: item control page