APLIKASI STANDAR PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD SULTAN IMANUDDIN PANGKALAN BUN 3 (TIGA) TAHUN PASCA AKREDITASI (Persiapan MenghadapiAkreditasi Tahap II)

NOOR, MAJIDI (2003) APLIKASI STANDAR PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD SULTAN IMANUDDIN PANGKALAN BUN 3 (TIGA) TAHUN PASCA AKREDITASI (Persiapan MenghadapiAkreditasi Tahap II). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
30Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Adanya penurunan BOR dari 93% ditahun 2000,menjadi55,1% ditahun 2001 dan 57% ditahun 2002.Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan perawat diruang Bedah:4(33,33%) menyatakan "Kurang Puas" 8(66,66%) menyatakan "Cukup Puas" dan tidak ada yang menyatakan "Puas" maupun "Sangat Puas" Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aplikasi Standar Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun 3(Tiga) Tahun Pasca Akreditasi pada 7 (Tujuh) aspek standar Pelayanan Keperawatan. Jenis penelitian deskriptif dengan studi cross sectional secara kualitatif dan kuantitatif dengan variabel penelitian tujuah aspek:Falsafah dan Tujuan,Administrasi dan Pengelolaan,Fasilitas dan Peralatan,Kebijakan dan Prosedur,Pengembangan Staf dan Program Pendidikan serta Evaluasi dan Pengendalian Mutu pada standar pelayanan keperawatan.Sampel adalah perawat rawat inap dengan mengggunakan teknik purposive sampling.Pengumpulan data melalui angket terhadap 17(tujuh belas) perawat pelaksana,onservasi sebagai re-chek dan indepth interview kepada Komite Keperawatan dan 4(empat) Kepala Ruang Rawat Inap. Hasil penelitian responden terhadap Standar Pelayanan Keperawatan di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun tahun 2003,adalah 75,52%.Menurun dibandingkan dengan akreditasi tahun 1999 sebesar 78,18%.Hasil observasi peneliti adalah 73,26% lebih rendah dibandingkan dengan penilaian responden. Kesimpulan terdapat aspek yang belum memenuhi standar KARS minimal adalah:Adiministrasi dan Pengelolaan 70%,Staf dan Pimpinan 72,83%,Fasilitas dan Peralatan 60% serta Evaluasi dan Pengendalian Mutu 60%. Saran, melengkapi kekurangan-kekurangan yang terdapat pada aspek:Administrasi dan Pengelolaan:menggganti Komite Keperawatan menjadi Seksi Keperawatan,membuat kerjasama tertulis dengan lembaga pendidikan keperawatan,mengadakan trasfer of knowledge,membuat Standar Asuhan Keperawatan(SAK) khusus,melengkapi pengisian dokumen asuhan keperawatan.Staf dan Pimpinan: Kepala Seksi Keperawatan wajib mengikuti pendidikan manajemen,mengganti Permenkes No:262/Menkes/Per/VIII/1979 tentang susunan ketenagaan dengan PP.No:32 Tahun 1996,melibatkan pengelola keperawatan secara langsung pada proses rekruitmen perawat,membentuk perawat jaga/pengamat.Fasilitas dan Peralatan:melengkapi peralatan tenun,rumah tangga dan keperawatan,meyediakan ruang kerja khusus Kepala Ruang Rawat Inap dan Perawat Pelaksana.Evaluasi dan Pengendalian Mutu:mengaktifkan Tim Pengendalian Mutu Keperawatan,mendokumentasikan kejadian infeksi jarum infus dan kejadian dekubitus,mengikuti pendidikan berkelanjutan tentang keperawatan serta melibatkan masyarakat dalam pelaksanaan akreditasi. Kata Kunci: Pelayanan Keperawatan,RSUD,Akreditasi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:7121
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:01 Mar 2010 15:03
Last Modified:01 Mar 2010 15:03

Repository Staff Only: item control page