Pengaruh Mindfulness dengan Gayatri Mantra terhadap Ansietas pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Wana Seraya Denpasar

Candrawati, Sang Ayu Ketut and Dwidiyanti, Meidiana and Widyastuti, Rita Hadi (2017) Pengaruh Mindfulness dengan Gayatri Mantra terhadap Ansietas pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Wana Seraya Denpasar. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

11Mb

Abstract

Ansietas adalah salah satu masalah psikologis yang berkembang pada lansia. Dampak ansietas pada lansia tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik dan mental atau kesejahteraan emosi, tapi juga menyebabkan perubahan fisik. Berbagai terapi komplementer dikembangkan untuk mengatasi ansietas pada lansia. Salah satu terapi pikiran yang efektif menurunkan ansietas lansia yaitu mindfulness dengan Gayatri mantra. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh mindfulness dengan Gayatri mantra terhadap penurunan ansietas lansia Hindu. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dengan pre and post-test design with control group. Pengukuran ansietas dilakukan menggunakan instrumen Geriatric Anxiety Scale (GAS). Sampel penelitian adalah 68 lansia yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa intervensi mindfulness dengan Gayatri mantra secara bermakna menurunkan ansietas lansia Hindu di PSTW dengan p-value = 0,000 (α=0,05). Hal ini berarti mindfulness dengan Gayatri mantra berpengaruh menurunkan nilai pada istrumen GAS dan menurunkan ansietas pada lansia. Terapi mindfulness dengan Gayatri mantra dapat direkomendasikan sebagai terapi alternatif untuk mencegah kekambuhan ansietas pada lansia khususnya lansia Hindu. Kata Kunci: Ansietas, Gayatri mantra, mindfulness, lansia Referensi: 104 (2000-2017)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing
ID Code:71145
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:02 Apr 2019 09:25
Last Modified:02 Apr 2019 09:25

Repository Staff Only: item control page