BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN IBU BALITA PENGGUNA POSYANDU DI POSYANDU WONOREJO II KABUPATEN BANTUL TAHUN 2002

KURNIAWATI, ERNA (2003) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN IBU BALITA PENGGUNA POSYANDU DI POSYANDU WONOREJO II KABUPATEN BANTUL TAHUN 2002. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
28Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Salah satu upaya kesehatan yang melibatkan peran serta masyarakat secara penuh adalah posyandu sebagai bentuk program kesehatan dari puskesmas. Ungkapan ketidak puasan masyarakat terhadap mutu pelayanan dapat terlihat antara lain dengan penurunan jumlah kunjungan pada beberapa posyandu di Puskesmas pembantu Gadingsari Kabupaten Bantul. Padahal kegiatan posyandu sangat penting untuk mendeteksi dini adanya kasus gizi buruk di masyarakat serta sebesar 42,10 % ibu balita yang diketahui dari survey awal menyatakan tidak puas pada pelayanan kesehatan di posyandu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui beberapa faktor yang berhubungan dengan kepuasan ibu balita pengguna posyandu terhadap persepsi ibu balita mengenai pelayanan kesehatan di Posyandu Wonorejo II Kabupaten Bantul tahun 2002. Jenis Penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian disalah satu posyandu di Puskesmas Pembantu Gadingsari Kabupaten Bantul yaitu Posyandu Wonorejo II. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pelayanan penimbangan balita, pelayanan perbaikan gizi balita, pelayanan pencegahan penyakit, pelayanan pengobatan penyakit, pelayanan penyuluhan dan pelayanan kontrasepsi. Sebagai variabel terikat adalah kepuasan ibu balita pengguna posyandu. Jumlah responden adalah total populasi yaitu 52 ibu balita dari semua pengunjung pelaksanaan kegiatan posyandu pada saat penelitian. Hasil penelitian ini adalah responden sebesar 40,38 % menyatakan sangat puas, 36,54 % puas, dan 23,07 % kurang puas terhadap pelayanan kesehatan posyandu. Responden kurang puas terutama pada kebisingan ruang kegiatan penimbangan balita (61,54%), kelengkapan peralatan makan pada PMT (78,85%), Kelengkapan peralatan pada pencegahan penyakit (73,08%) dan pada frekuensi penyuluhan (55,77%). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pelayanan penimbangan balita, pelayanan perbaikan gizi balita, pelayanan pencegahan penyakit, pelayanan pengobatan penyakit, pelayanan penyuluhan dan pelayanan kontrasepsi denan kepuasan ibu balita pengguna Posyandu Wonorejo II. Saran pada penelitian ini adalah perlu koordionasi antara kader, ibu balita agar dapat mengevaluasi masalah yang ada kemudian dipecahkan dengan pihak-pihak terkait. Kata Kunci: Kepuasan, posyandu

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:7113
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Mar 2010 14:29
Last Modified:01 Mar 2010 14:29

Repository Staff Only: item control page