ROFIL PROTEIN DALAM SERUM DARAH AYAM BROILER YANG DIBERI PAKAN DENGAN TAMBAHAN PROBIOTIK BACILLUS PLUS VITAMIN DAN MINERAL

RUSADI, WINNA HANINDITA RADITE and Yudiarti, Turrini and Sugiharto, Sugiharto (2019) ROFIL PROTEIN DALAM SERUM DARAH AYAM BROILER YANG DIBERI PAKAN DENGAN TAMBAHAN PROBIOTIK BACILLUS PLUS VITAMIN DAN MINERAL. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL.

[img]
Preview
PDF
825Kb
[img]
Preview
PDF
86Kb
[img]
Preview
PDF
178Kb
[img]
Preview
PDF
169Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

243Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

451Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1237Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penambahan probiotik Bacillus plus vitamin dan mineral pada pakan ayam broiler terhadap total protein, globulin dan albumin. Penelitian dilakukan di kandang Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro pada bulan Mei - Juli 2017. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 240 ekor ayam broiler (unsex), probiotik Bacillus plus vitamin dan mineral, pakan komersial, air bersih, vaksin dan desinfektan. Perlengkapan dan peralatan yang digunakan adalah kandang ayam 20 petak, timbangan digital, tempat minum dan tempat pakan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu: T0 (kontrol), T1 (suplementasi probiotik 0,1%), T2 (suplementasi probiotik 0,5%), T3 (suplementasi probiotik 1%). Parameter yang diamati adalah total protein, globulin dan albumin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan probiotik Bacillus plus vitamin dan mineral tidak berpengaruh nyata terhadap total protein, globulin dan albumin (P>0,05) dalam serum darah ayam broiler. Simpulan dari penelitian ini adalah penambahan probiotik Bacillus plus vitamin dan mineral menghasilkan total protein, globulin dan albumin serum darah ayam broiler yang relatif sama, namun masih dalam kisaran normal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:71128
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Apr 2019 10:52
Last Modified:01 Apr 2019 10:52

Repository Staff Only: item control page