MASSA KALSIUM DAN PROTEIN DAGING AYAM BROILER YANG DIBERI RANSUM KALSIUM MIKROPARTIKEL DENGAN SUPLEMENTASI PROBIOTIK Lactobacillus sp.

WARNI, SALLU and Sukamto, Benedictus and Suthama, Nyoman (2019) MASSA KALSIUM DAN PROTEIN DAGING AYAM BROILER YANG DIBERI RANSUM KALSIUM MIKROPARTIKEL DENGAN SUPLEMENTASI PROBIOTIK Lactobacillus sp. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL.

[img]
Preview
PDF
683Kb
[img]
Preview
PDF
121Kb
[img]
Preview
PDF
151Kb
[img]
Preview
PDF
129Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

155Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

236Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1066Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengkaji pengaruh pemberian ransum menggunakan mikropartikel tepung cangkang telur dan ditambah probiotik Lactobacillus sp. pada ayam broiler terhadap kecernaan protein, massa kalsium daging, massa protein daging, dan pertambahan bobot badan (PBB). Penelitian dilaksanakan di Kandang Digesti, Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Pakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang pada bulan Desember 2017 sampai Januari 2018. Ternak yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 160 ekor ayam broiler strain MB 202 New Lohmann umur 14 hari (rata-rata bobot badan 407,65 ± 39,49 g). Penelitian disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu T0: ransum dengan protein kasar 21% menggunakan tepung cangkang telur non mikropartikel, T1: ransum dengan protein kasar 18% menggunakan tepung cangkang telur non mikropartikel, T2: ransum dengan protein kasar 18% menggunakan tepung cangkang telur mikropartikel, T3: ransum dengan protein kasar 18% menggunakan tepung cangkang telur non mikropartikel dan ditambah Lactobacillus sp.1,2 ml, T4: ransum protein kasar 18% mengunakan tepung cangkang telur mikropartikel dan ditambah Lactobacillus sp.1,2 ml, setiap perlakuan diulang 5 kali. Parameter yang diamati yaitu kecernaan protein, massa kalsium dan protein daging serta pertambahan bobot badan (PBB). Data dianalisis dengan analysis of variance (ANOVA), dan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan pada taraf 5% apabila terdapat pengaruh nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan penggunaan tepung cangkang telur mikropartikel ditambah Lactobacillus sp. 1,2 ml berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kecernaan protein, massa kalsium dan protein daging serta pertambahan bobot badan (PBB). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan mikropartikel kalsium yang berasal dari cangkang telur pada ransum dengan protein 18% ditambah Lactobacillus sp. 1,2 ml meningkatkan kecernaan protein, massa protein daging dan pertambahan bobot badan ayam broiler.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:71127
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Apr 2019 10:47
Last Modified:01 Apr 2019 10:47

Repository Staff Only: item control page