MORFOMETRIK TUBUH DAN PENGARUH INDEKS UKURAN TUBUH TERHADAP LITTER SIZE KAMBING PERANAKAN ETTAWA PADA BERBAGAI PARITAS DI BBPTT KABUPATEN KENDAL

Purwanti, Dwi and Setiatin, Enny Tantini and Kurnianto, Edy (2019) MORFOMETRIK TUBUH DAN PENGARUH INDEKS UKURAN TUBUH TERHADAP LITTER SIZE KAMBING PERANAKAN ETTAWA PADA BERBAGAI PARITAS DI BBPTT KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AGRICULTURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
330Kb
[img]
Preview
PDF
178Kb
[img]
Preview
PDF
366Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

205Kb
[img]
Preview
PDF
420Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

598Kb
[img]
Preview
PDF
972Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh antara ukuran-ukuran tubuh kambing Peranakan Ettawa (PE) dengan paritas serta untuk mengetahui pengaruh indeks ukuran tubuh (IUT) kambing PE terhadap litter size. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli - Agustus 2018 di Balai Budidaya dan Pembibitan Ternak Terpadu Dusun Klangsen, Desa Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 47 ekor induk kambing PE. Metode penelitian adalah observasional dengan mengukur langsung ukuranukuran tubuh ternak. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu penentuan sampel berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan peneliti (catatan aktivitas reproduksi yang lengkap) serta mempertimbangkan lokasi yang merupakan tempat pengembangan dan pembibitan ternak ruminansia. Kambing PE yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah induk kambing yang paritas 1 = 19 ekor, paritas 2 = 6 ekor, paritas 3 = 18 dan paritas 4 = 4 ekor serta memiliki catatan litter size yang lengkap dari kelahiran pertama. Paritas ternak diketahui melalui buku rekording reproduksi dan wawancara yang dilakukan dengan petugas lapangan. Kambing terpilih kemudian diukur ukuran-ukuran tubuh yang meliputi panjang badan, lingkar dada, dalam dada, lebar dada, tinggi pundak, lebar pinggul dan tinggi pinggul. Selanjutnya, dihitung indeks ukuran tubuh dengan rumus panjang badan:lingkar dada. Rentang indeks ukuran ramping adalah 0,896 - 1,037 dan indeks ukuran besar adalah 0,754-0,895. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan General Linear Model (GLM) dan dilanjutkan dengan Principal Component Analysis (PCA) dengan alat bantu analisis Statistical Analysis System (SAS) Ver 6.12. Hasil analisis menunjukkan bahwa ukuran-ukuran tubuh kambing PE memiliki keragaman dan perbedaan berdasarkan paritas. Ukuran tubuh yang menjadi parameter pembeda berdasarkan nilai Principal Component (PC) 1 yaitu panjang badan dengan nilai 0,695 dan lingkar dada dengan nilai 0,530. Litter size induk kambing PE pada paritas 1 sebesar 1,06; paritas 2 sebesar 1,25; paritas 3 sebesar 1,60 dan paritas 4 sebesar 1,38. Litter size kambing PE berdasarkan indeks ukuran tubuh adalah 1,34 dan indeks ukuran tubuh kecil adalah 1,29. Simpulannya panjang badan dan lingkar dada dapat digunakan sebagai parameter pembeda antar paritas. Litter size dipengaruhi oleh paritas tetapi tidak dipengaruhi indeks ukuran tubuh.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:71026
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:28 Mar 2019 09:29
Last Modified:28 Mar 2019 09:29

Repository Staff Only: item control page