Pengaruh Variasi Debit Spray terhadap Konsentrasi Total Suspended Solid (TSS) dalam Air Buangan pada Alat Pembakar Sampah Portable

Astuti, Efi Dwi (2019) Pengaruh Variasi Debit Spray terhadap Konsentrasi Total Suspended Solid (TSS) dalam Air Buangan pada Alat Pembakar Sampah Portable. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
10Kb

Abstract

Alat pembakar sampah (insinerator) adalah suatu alat pengolahan sampah yang menggunakan sistem termal. Sistem ini membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk menguraikan sampah padat dan dapat mengurangi volume sampah hingga 90% volume awal. Namun demikian, pengolahan sistem termal berpotensi menghasilkan gas buang yang mengandung bahan berbahaya, salah satunya adalah partikulat (PM). Untuk menyisihkan partikulat dari gas buang, maka alat pembakar sampah dilengkapi dengan ruang pengendali asap yang bekerja dengan prinsip wet scrubber. Wet scrubber bekerja dengan mengontakkan partikulat dengan droplet air yang mencuci gas buang sehingga partikulat tersisihkan dari gas buang. Partikulat akan terbawa oleh droplet air yang kemudian ditampung dalam bak penampung air buangan. Analisis kadar partikulat yang disisihkan dilakukan dengan cara menguji kadar Total Suspended Solid (TSS) pada air buangan. Dalam penelitian ini alat yang digunakan adalah alat pembakar sampah portable yang telah dimodifikasi serta sampah yang dibakar berupa briket sampah organik. Pembakaran dilakukan secara kontinu untuk mempertahankan kestabilan suhu pembakaran. Pengujian TSS dalam air buangan dilakukan dengan metode gravimetri yang mengacu pada SNI-06-6989.3-2004. Hasil penelitian menunjukkan kadar TSS dari varian debit 0 ml/s; 60 ml/s; 62,5 ml/s; 70 ml/s; 72,5 ml/s; dan 75 ml/s secara berurutan yaitu 157 mg/L, 271 mg/l, 277 mg/l, 284 mg/l, 292 mg/l, dan 329 mg/l.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:71014
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Mar 2019 11:22
Last Modified:27 Mar 2019 11:23

Repository Staff Only: item control page