ARTI PENTING MEREK TERDAFTAR PADA PRODUK KOPI LAMPUNG DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Seto , Brahmanto and Budi, Santoso (2018) ARTI PENTING MEREK TERDAFTAR PADA PRODUK KOPI LAMPUNG DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

6Mb

Abstract

Provinsi Lampung terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia. Dampak dari hal tersebut adalah munculnya berbagai macam merek kopi yang ada di Provinsi Lampung. Hal tersebut membuat para produsen kopi di Provinsi Lampung terus melakukan berbagai inovasi untuk menarik minat konsumen salah satunya dengan memberikan nama merek yang unik. Pendaftaran merek sangat berdampak positif dan memiliki fungsi serta manfaat yang sangat menguntungkan bagi para pemilik merek. Sebaliknya, apabila pemilik merek belum mendaftarkan merek kopinya maka akan berdampak negatif karena dapat menimbulkan kerugian. Permsasalahan mengenai bagaimana penggunaan merek pada produk kopi di Kota Bandar Lampung dan apakah manfaat serta arti penting merek terdaftar pada produk kopi di Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah metode pendekatan yuridis empiris karena penelitian hukum ini menggunakan data dari data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari masyarakat dan data sekunder yang berasal dari bahan-bahan pustaka. Hasil penelitian menggambarkan bahwa para pelaku usaha kopi di Kota Bandar Lampung sebenarnya sudah sadar akan pentingnya penggunaan merek serta sadar akan pentingkan melakukan pendaftaran merek dagang barang yang mereka produksi dan pasarkan. Mereka mengetahui apa manfaat yang didapat apabila mendaftarkan merek kopi yang mereka produksi. Sebaliknya, mereka juga mengetahui apa akibat yang akan mereka dapatkan apabila mereka tidak mendaftarkan produk kopi yang mereka produksi.Manfaat serta arti penting merek terdaftar pada produk kopi di Kota Bandar Lampung yaitu semakin laris dan dikenal banyak orang, berani untuk melakukan pemasaran seluas-luasnya karena mereknya sudah terdaftar dan memiliki sertifikat merek, merasa aman tidak akan ada yang menjiplak merek kopinya, keuntungan atau omset yang didapat semakin meningkat, lebih percaya diri memasarkan dan mempromosikan produknya sehingga meningkatkan pendapatannya, serta omset yang di dapat semakin meningkat bahkan mengalahkan pelaku usaha kopi sejenis lainnya yang sudah memulai terlebih dahulu tetapi mereknya belum terdaftar, karena merek mereka banyak yang ditiru oleh pihak lain karena namanya semakin dikenal masyarakat.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Pendaftaran Merek, Kopi Lampung
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70923
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Mar 2019 14:21
Last Modified:23 Mar 2019 14:21

Repository Staff Only: item control page