PERLINDUNGAN MEREK KOLEKTIF TERHADAP PRODUK KERUPUK RAMBAK KHAS KENDAL DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN KOMUNITAS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Studi Di Kabupaten Kendal)

Selia Gian , Pangesti and Kholis , Roisah (2018) PERLINDUNGAN MEREK KOLEKTIF TERHADAP PRODUK KERUPUK RAMBAK KHAS KENDAL DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN KOMUNITAS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Studi Di Kabupaten Kendal). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

3444Kb

Abstract

Sebagianbesar para pengrajinkerupukrambak yang berada di DesaPenanggulanKecamatanPegandonbelummendaftarkanmereknyakarenaberbagaimasalahdankendala yang adadanbelummemahamiakanpentingnyapendaftaranmerek. Tujuandaripendaftaranmereksecarakolektifadalah agar para perajin yang belummendaftarkanmereknyasecarabersama-samamendapatkanperlindunganhukum. PermasalahandalamtesisiniadalahBagaimanaperlindunganterhadapprodukkerupukrambakkhas Kendal melaluimekanismemerekkolektifdanBagaimanaupayapemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, danMenengah (UMKM) melaluimekanismeperlindunganmerekkolektif. Tujuandaripenelitianiniadalahntukmengkajidanmenganalisaperlindunganterhadapprodukkerupukrambakkhas Kendal melaluimekanismemerekkolektifdanuntukmengkajidanmenganalisaupayapemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, danMenengah (UMKM) melaluimekanismeperlindunganmerekkolektif.Metode yang digunakandalampenulisantesisiniadalahmetodependekatanyuridisempiris. Penelitianbersifatdeskriptifanalitis, menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitianiniadalah 1). Bahwasaatinibanyakpengrajinkerupukrambak di DesaPenanggulanbelummendaftarkanmereknyadanbelummemanfaatkanmerekkolektifsebagaiperlindunganhukumuntukprodukmereka.Penggunaanmerekkolektifpadaprodukkerupukrambakmenjadisolusiataualternatifuntukmendapatkanperlindunganmerekbagi para pengrajin Usaha Kecil danMenengah yang merekkerupukrambaknyabelumterdaftar. 2).Keberhasilanpemberdayaansangatbergantungpadapartisipasi UMKM sebagaipelakumaupunstakeholder lain. StrategiPemberdayaan UMKMmelaluimekanismemerekkolektifdiantaranyadapatmelaluiPeningkatan SDM, PenguatanManajemen, BerbasisOrganisasi, AksesInformasi, PenguatanPemasaranatauJaringanKerja, PenguatanDayaSaing. Upayapemberdayaan UMKM dariPemerintah Daerah dalamhaliniDinasKoperasidan UMKM Kabupaten Kendal. DiperlukanbantuandariPemerintahKabupaten Kendal untukmelakukansosialisasimengenaipengembanganusahadanmanfaatpendaftaranmereksecarakolektif. Sertamemberikanfasilitaskepada para perajinkerupukrambak yang belummendaftarkanmereknyamelaluimerekkolektifsehinggamerekamempunyaiperlindunganhukum.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:MerekKolektif,Pemberdayaan, UMKM.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70922
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Mar 2019 14:19
Last Modified:23 Mar 2019 14:19

Repository Staff Only: item control page