WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KERJASAMA DALAM ARTI JUAL BELI LAPIS ATAS DAN LAPIS BAWAH PROYEK JALAN TOL SOLO BAWEN ANTARA PT SINAR BHARADAKSA DENGAN PT ADHI KARYA

SARVINA , SABATINI and Achmad , Busro (2018) WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KERJASAMA DALAM ARTI JUAL BELI LAPIS ATAS DAN LAPIS BAWAH PROYEK JALAN TOL SOLO BAWEN ANTARA PT SINAR BHARADAKSA DENGAN PT ADHI KARYA. Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

2196Kb

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki pertumbuhan kendaraan bermotor yang tinggi dan hal tersebut adalah faktor yang paling penting bagi prospek usaha penyelenggaraan jalan tol. Pada pelaksanaan pekerjaan proyek pembangunan tidak selamanya berjalan sesuai dengan yang direncanakan, misalnya tidak terpenuhinya klausula baku pada perjanjian proyek pembangunan yang sudah ditentukan dan disepakati sehingga terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh satu pihak. Permasalahan yang dikaji dalam hal ini adalah bagaimana cara penyelesaian sengketa yang dilakukan kedua belah pihak apabila salah satu pihak wanprestasi dan akibat hukum dari wanprestasi perjanjian antara pihak PT Sinar Bharadaksa dengan pihak PT Adhi Karya. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan yuridis empiris yaitu prosedur yang dipergunakan untuk memecahkan masalah penelitian dengan mengadakan penelitian terhadap data primer di lapangan untuk mendapatkan hasil. Spesifikasi penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu dimaksudkan untuk memberikan data seteliti mungkin tentang suatu keadaan yang dinyatakan oleh responden secara tertulis ataupun lisan dan juga perilaku yang nyata atau dianalisis menurut ilmu dan teori- teori atau pendapat peneliti sendiri, dan terakhir menyimpulkannya. Dalam penelitian ini, metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, yaitu suatu cara analisis hasil penelitian yamg menghasilkan data deskripstis analitis. Penyelesaian sengketa pada perjanjian PT Sinar Bharadaksa dengan PT Adhi Karya diselesaikan dengan cara musyawarah mediasi yang meghasilkan keputusan PT Sinar Bharadaksa memberikan kesempatan kepada PT Adhi Karya untuk melakukan sisa pembayaran dengan jangka waktu tertentu. Akibat hukum yang terjadi terhadap wanprestasi yang dilakukan PT Adhi Karya yaitu pemenuhan perjanjian dengan menuntut perjanjian tersebut untuk terus dilaksanakan agar kewajiban PT Adhi Karya dapat terpenuhi. Oleh karena itu, supaya masing- masing pihak dapat melaksanakan kewajibannya serta mendapatkan prestasi yang menjadi haknya, maka hendaknya masing- masing pihak menjunjung tinggi nilai profesionalisme serta sikap saling menghargai di antara kedua belah pihak.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:PT SinarBharadaksa, PT AdhiKarya, wanprestasi, Perjanjiankerjasama
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70921
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:23 Mar 2019 14:17
Last Modified:23 Mar 2019 14:17

Repository Staff Only: item control page