IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2014 TENTANG JABATAN NOTARIS DALAM PEMBUATAN AKTA PENDIRIAN BADAN USAHA MILIK DESA DI KABUPATEN TEGAL

PUTRI , WULANSARI and Fifiana , Wisnaeni (2018) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2014 TENTANG JABATAN NOTARIS DALAM PEMBUATAN AKTA PENDIRIAN BADAN USAHA MILIK DESA DI KABUPATEN TEGAL. Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

910Kb

Abstract

Badan Usaha Milik Desa atau yang selanjutnya dapat disingkat dengan BUMDes merupakan produk dari Undang-undang nomor 6 tahun 2014. Penelitian dalam tesis ini membahas permasalahan mengenai bagaimana implementasi Undang-undang Nomor 2 tahun 2014 tentang Jabatan Notaris dalam pembuatan akta pendirian BUMDes di Kabupaten Tegal serta apa kendala dalam implementasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi belum dilaksanakan dengan baik, karena masih terbilang sangat baru dan masih sedikit jumlahnya, tetapi BUMDes tersebut belum ada yang memiliki akta pendirian badan usaha yang dilakukan di hadapan Notaris, karena mereka belum mengetahui keuntungan yang diperoleh dan proses pembuatan akta pendirian memerlukan waktu yang cukup lama dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Saran dalam penelitian ini adalah dilakukannya perbaikan terhadap materi perundang-undangan yang berkaitan dengan pendirian serta status hukum yang diperoleh dari BUMDes, sehingga tidak terjadi perbedaan pendapat di kalangan pengurus BUMDes, dan praktisi seperti Notaris, serta diadakannya sosialisasi mengenai pentingnya akta pendirian yang dilakukan dihadapan Notaris untuk BUMDes yang mereka dirikan.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Notaris, Akta Pendirian
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70900
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Mar 2019 13:17
Last Modified:23 Mar 2019 13:17

Repository Staff Only: item control page