PERUBAHAN HAK ATAS TANAH DARI STATUS HAK GUNA BANGUNAN MENJADI HAK MILIK DI KOTA PEKALONGAN (STUDI DI KANTOR PERTANAHAN KOTA PEKALONGAN)

Putri Silvia , Puspitasari and Ngadino, Ngadino (2018) PERUBAHAN HAK ATAS TANAH DARI STATUS HAK GUNA BANGUNAN MENJADI HAK MILIK DI KOTA PEKALONGAN (STUDI DI KANTOR PERTANAHAN KOTA PEKALONGAN). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

2356Kb

Abstract

Fokus studi ini adalah tentang Perubahan Hak Atas Tanah dari Status Hak Guna Bangunan menjadi Hak Milik. Studi ini dilakukan di Kantor Pertanahan Kota Pekalongan Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan di daerah tersebut karena ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan perubahan hak atas tanah di Kota Pekalongan, serta mengetahui akibat hukum dalam pelaksanaan perubahan hak atas tanah tersebut. Penulisan Tesis ini membahas 2 (dua) permasalahan, pertama yaitu apakah kendala yang melatarbelakangi masyarakat Kota Pekalongan dalam melakukan perubahan hak atas tanah dari status Hak Guna Bangunan menjadi Hak Milik? Kemudian yang kedua mengenai bagaimana akibat hukum dalam melakukan perubahan hak atas tanah dari status Hak Guna Bangunan menjadi Hak Milik? Untuk menganalisis 2 (dua) permasalahan tersebut diatas, maka dilakukanlah penelitian di Kantor Pertanahan Kota Pekalongan. Penulis melakukan penelitian secara deskriptif dengan metode yuridis empiris. Artinya dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan pustaka yang merupakan data sekunder dan juga dibuat penelitian kepustakaan serta meneliti di lapangan yang merupakan data primer. Dari penelitian yang dilakukan dan dianalisis hasilnya diperoleh yaitu terdapat beberapa kendala yaitu seperti pihak pemohon dalam melakukan proses perubahan hak atas tanah tidak melengkapi berkas permohonan. Kemudian juga terdapat akibat hukum seperti status hak atas tanah menjadi lebih tinggi yaitu dari Hak Guna Bangunan menjadi Hak Milik, tanah Hak Milik mempunyai kekuatan yang sempurna, dan Sertipikat Hak Milik merupakan alat bukti yang kuat. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa pelaksanaan perubahan hak atas tanah dari status Hak Guna Bangunan menjadi Hak Milik di Kota Pekalongan telah berjalan dengan baik dan lancar, walaupun masih terdapat beberapa permasalahan/ kekurangan, dan semuanya telah dilaksanakan dengan mengikuti prosedur mengenai perubahan hak-hak atas tanah yang berlaku.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perubahan hak, Hak Guna Bangunan, Hak Milik.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70899
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:23 Mar 2019 13:15
Last Modified:23 Mar 2019 13:15

Repository Staff Only: item control page