PENDAFTARAN MEREK RELEVANSINYA PADA PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Perbandingan Pendaftaran Merek Di Indonesia Berdasarkan Peraturan Perundangan Tentang Merek)

NITA DYAH, AYUNINGTYAS and Budi , Santoso (2018) PENDAFTARAN MEREK RELEVANSINYA PADA PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Perbandingan Pendaftaran Merek Di Indonesia Berdasarkan Peraturan Perundangan Tentang Merek). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

1514Kb

Abstract

Pelanggaran terhadap hak merek dapat memberikan dampak yang cukup fatal bagi konsumen, hal ini disebabkan karena merek memiliki keterkaitan dengan kebutuhan konsumen. Pengaturan mengenai penggunaan merek dapat memberikan pengaruh terkait dengan pemakaian barang tertentu yang terindikasi memiliki kesamaan dengan merek yang telah ada, ataupun merek yang terindikasi merupakan merek palsu. Lebih lanjut dijelaskan bahwa konsumen yang telah terbiasa menggunakan merek-merek tertentu akan mengalami kerugian karena mengkonsumsi secara keliru barang tertentu yang kualitasnya berbeda dengan biasanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan yuridis normatif, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data dalam penelitian ini bersumber dari data sekunder yang meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Penelitian ini dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa : 1) Pengaruh pendaftaran merek terhadap perlindungan konsumen di Indonesia, pendaftaran merek merupakan salah satu upaya untuk memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen, dengan didaftarkannya suatu merek tertentu maka dapat dijadikan sebagai dasar penolakan terhadap merek yang sama keseluruhannya atau sama pada pokoknya yang dimohonkan oleh orang lain untuk barang atau jasa sejenis; 2) Konstruksi ideal pendaftaran merek di Indonesia agar tercipta perlindungan konsumen melalui perlindungan hukum merek dan merek terkenal yang diberikan UU Merek yang bersifat preventif dan represif sebagaimana ditentukan Pasal 6 ayat (3) dan (4) sudah selaras dengan ketentuan TRIPS, mencakup perlindungan terhadap barang atau jasa baik yang sejenis maupun bukan, yaitu dengan pendaftaran merek Di samping itu, diatur pula hal yang berkaitan perlindungan merek bersifat refresif.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Relevansi, Pendaftaran Merek, Perlindungan Konsumen.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70888
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:23 Mar 2019 12:41
Last Modified:23 Mar 2019 12:41

Repository Staff Only: item control page