PERANAN ORGANISASI IKATAN NOTARIS INDONESIA (INI) DALAM MENEGAKKAN KODE ETIK UNTUK MENJAGA INTEGRITAS NOTARIS (Studi pada Pengurus Wilayah Jawa Tengah Ikatan Notaris Indonesia)

Nissa Karunia , Sullistian and Edith , Ratna (2018) PERANAN ORGANISASI IKATAN NOTARIS INDONESIA (INI) DALAM MENEGAKKAN KODE ETIK UNTUK MENJAGA INTEGRITAS NOTARIS (Studi pada Pengurus Wilayah Jawa Tengah Ikatan Notaris Indonesia). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

2378Kb

Abstract

Profesi Notaris merupakan profesi yang terhormat (officium nobile) dan dalam menjalankan tugas dan fungsinya didasarkan pada norma-norma yang telah diatur. Hal yang menjadi menarik untuk diteliti lebih lanjut adalah soal kewenangan Organisasi Profesi dalam menjalankan tugas dan fungsi pengawasan dan penegakan Kode Etik. UU Jabatan Notaris menyebutkan jika pengawasan terhadap Notaris dilakukan oleh Menteri dengan membentuk Majelis Pengawas. Hal ini menjadi sedikit aneh apabila dibandingkan dengan Organisasi Profesi Notaris INI yang juga mempunyai kewenangan dalam menegakkan Kode Etik terhadap Notaris. Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini yaitu Organisasi INI dalam menegakkan kode etik bagi para Notaris dan peranan Organisasi INI dalam menjaga integritas Notaris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis empiris, dengan spesifikasi deskriptif analitis, dengan menggunakan analisis secara kualitatif, yaitu pada pengurus INI wilayah Jawa Tengah dan Notaris di wilayah Jawa Tengah, dengan sumber data primer dan sekunder, serta penarikan kesimpulan secara induktif. Hasil penelitian ditemukan bahwa Organisasi INI wilayah Jawa Tengah dalam menegakkan Kode Etik Notaris telah dilakukan pembinaan yaitu memberikan pembekalan kepada calon Notaris untuk memahami Kode Etik serta peraturan-peraturan yang berkaitan dengan jabatan Notaris. Peranan Organisasi INI Wilayah Jawa Tengah dalam menjaga integritas Notaris dengan penegakan hukum yang bersifat preventif melalui upaya pencegahan pelanggaran hukum oleh Notaris yang telah dilakukan. Akan tetapi, bila sudah terlanjur terjadi pelanggaran dilakukan perlidungan dengan melibatkan Dewan Kehormatan serta penyelesaian secara internal organisasi. Saran bagi pengurus INI wilayah Jawa Tengah dalam menegakan kode etik Notaris untuk menjaga integritas Notaris diharapkan INI lebih aktif dalam menjalankan pembinaan dan pengawasan terhadap para anggotanya dalam menjalankan jabatannya sebagai Notaris. Selain itu, Dewan Kehormatan Wilayah sebagai bagian dari Organisasi INI Wilayah Jawa Tengah yang bertugas untuk mengawasi dan menindak pelanggaran Kode Etik yang dilakukan oleh anggota lebih tegas dalam mengawasi Notaris.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Kode Etik, Organisasi, Notaris
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70887
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Mar 2019 12:37
Last Modified:23 Mar 2019 12:37

Repository Staff Only: item control page