Kajian Yuridis Perjanjian Kerjasama Build, Operate and Transfer (BOT) pada Pembangunan Pasar Kliwon di Kabupaten Kudus

MAEVA , MAISHARA and Budi , Santoso (2018) Kajian Yuridis Perjanjian Kerjasama Build, Operate and Transfer (BOT) pada Pembangunan Pasar Kliwon di Kabupaten Kudus. Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

2332Kb

Abstract

Penulisan Tesis ini adalah karena ketertarikan penulis terhadap Permasalahan yang timbul dalam Perjanjian Kerjasama Build, Operate and Transfer (BOT) antara Pemerintah Kabupaten Kudus dengan PT. Karsa Bayu Bangun Perkasa dalam Pembangunan/renovasi pasar Kliwon, yang mana terdapat perbedaan waktu pelaksanaan perjanjian. Perjanjian antara Pemerintah Kabupaten Kudus dengan PT. Karsa Bayu Bangun Perkasa adalah selama 20 tahun (samadengan masa berlakunya HGB). Akan tetapi perjanjian lanjutan antara PT. Karsa Bayu Bangun Perkasa dengan para pedagang berlaku selama 30 tahun (perjanjian ini sama dengan berlakunya masa Hak Milik atas satuan Rumah Susun), sehingga timbul permasalahan dalam pelaksanaannya. Tujuan penulisan hukum ini adalah mengetahui bagaimana pelaksanaan perjanjian kerjasama tersebut, mengkaji kedudukan hukum para pihak dalam perjanjian kerjasama serta melakukan analisa yuridis terhadap perjanjian sewa menyewa kios antara Pemerintah Daerah dengan pedagang sebagai obyek perikatan / agunan dengan pihak perbankan. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode yuridis empiris dan analitis deskriptif kualitatif dengan didukung data primer dan datasekunder yang artinya penulis mencari data-data yang diperlukan secara langsung melalui wawancara dan literatur-literatur Hasil Penelitian ini yaitu bahwa para Pedagang yang membeli kios adalah hanya memiliki hak sesuai dengan jangka waktu perjanjian induknya yaitu 20 tahun, hal tersebut karena Perjanjian antara Investor dengan pedagang merupakan perjanjian accessoir dari perjanjian induk antara pemerintah kabupaten Kudus dengan investor. perikatan sewa kios pasar tidak dapat melahirkan hubungan kebendaan,sehingga tidak dapat dijadikan obyek jaminan kredit perbankan.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Build, Operate and Transfer/ Bangun Guna Serah, hukum perikatan, accesoir, hukum jaminan, jaminan kredit perbankan, Kabupaten Kudus
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70845
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Mar 2019 10:42
Last Modified:23 Mar 2019 10:42

Repository Staff Only: item control page