PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PARA PIHAK DALAM TRANSAKSI ONLINE YANG MELIBATKAN PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL APABILA TERJADI KETIDAKSESUAIAN PEMESANAN BARANG

Kevin Wijaya , Gunawan and Paramita , Prananingtyas (2018) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PARA PIHAK DALAM TRANSAKSI ONLINE YANG MELIBATKAN PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL APABILA TERJADI KETIDAKSESUAIAN PEMESANAN BARANG. Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

2892Kb

Abstract

E-commerce adalah bukti perkembangan teknologi yang cepat dan dalam pelaksanaannya dapat memudahkan manusia khususnya dalam bidang perdagangan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan media internet. Keuntungan yang diperoleh dari adanya e-commerce antara lain efisien dan murah dalam pengaplikasiannya dalam masyarakat. Disamping keuntungan yang dimiliki terdapat kekurangan didalamnya antara lain yang menyangkut pelaku usaha mikro dan menengah kebawah dimana dalam pelaksanaan transaksi seringkali tidak memperhatikan hak-hak dari konsumennya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah berkenaan dengan perlindungan hukum bagi konsumen yang mengalami kerugian seperti ketidaksesuaian barang pesanan baik kualitas maupun kuantitas, keterlambatan waktu pengiriman barang, serta lemahnya peran Pemerintah dalam mengupayakan penyelesaian permasalahan yang dialami konsumen serta pelaku usaha terutama bagi transaksi yang angka total transaksinya tidak lebih dari ratusan hingga jutaan rupiah. Penulisan tesis ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris dan spesifikasi penelitian menggunakan deskriptif analisis. Data yang digunakan adalah data sekunder, sedangkan analisis data dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan analisis kualitatif diketahui bahwa perlindungan konsumen di Negara Indonesia khususnya mengenai transaksi e-commerce masih jauh dari yang diharapkan. Peraturan yang semestinya sudah harus ada jauh-jauh hari ini justru hingga sekarang belum disahkan/masih berupa rancangan. Selain itu dari segi pelaksanaan dilapangannya penulis menemukan banyak sekali masalah diantaranya LPKSM yang seharusnya menjadi jembatan penghubung antara konsumen dan pelaku usaha yang bermasalah justru tidak ada kejelasannya. LPKSM hemat penulis harus diupayakan dan ditingkatkan kualitas pelayanannya dikarenakan LPKSM akan menjadi pioneer terdepan dalam penerimaan keluhan-keluhan konsumen kedepannya.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:e-commerce, perlindungan konsumen, LPKSM.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70842
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Mar 2019 10:29
Last Modified:23 Mar 2019 10:29

Repository Staff Only: item control page