UPAYA PEMERINTAH KABUPATEN MUARO JAMBI MELINDUNGI MOTIF BATIK KHAS MUARO JAMBI DALAM RANGKA PENGEMBANGAN, PELESTARIAN DAN PERLINDUNGAN HASIL SENI BUDAYA

INDAH AZLIKA, ROZANO and Kholis , Roisah (2018) UPAYA PEMERINTAH KABUPATEN MUARO JAMBI MELINDUNGI MOTIF BATIK KHAS MUARO JAMBI DALAM RANGKA PENGEMBANGAN, PELESTARIAN DAN PERLINDUNGAN HASIL SENI BUDAYA. Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

2752Kb

Abstract

Keberadaan motif Batik khas Muaro Jambi masih membutuhkan upaya perlindungan hukum dari pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dalam mendorong pengembangan, pelestarian dan perlindungan seni budaya sebagai suatu karya cipta yang mempunyai perlindungan hukum. Pembahasan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah perlindungan hukum melalui hukum Hak Kekayaan Intelektual terhadap batik khas Muaro Jambi dalam rangka pengembangan, pelestarian dan perlindungan hasil seni budaya dan upaya Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dalam memberikan perlindungan terhadap motif batik Khas Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Pendekatan yuridis menggunakan sumber data primer. Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian, dapat diketahui bahwa : Perlindungan hukum terhadap motif batik khas Muaro Jambi dapat dilakukan melalui 2 (dua) peraturan perundang-undangan yang pertama adalah Hak Cipta dan yang kedua yaitu Merek dan Indikasi Geografis. Perlindungan batik khas Muaro Jambi sebagai suatu karya cipta yang tidak diketahui penciptanya dan ekspresi budaya tradisional. Batik Muaro Jambi sudah seharusnya memiliki standar dan kualitas yang baik agar memudahkan pemasaran terhadap produk batik dan terbentuknya perkumpulan pengrajin untuk mempunyai potensi Hak Merek Kolektif. Tidak terpenuhinya faktor alam dan faktor manusia sebagai syarat perlindungan batik Muaro Jambi melalui Indikasi Geografis. Perlindungan hukum tersebut tidak dapat dilakukan secara maksimal karena kurangnya pengetahuan terhadap peraturan perundang-undang tentang hak kekayaan intelektual. Serta upaya pemerintah daerah kabupaten Muaro Jambi terhadap motif batik Muaro Jambi dalam melakukan perlindungan hukum melalui hukum kekayaan intelektual yang masih belum maksimal hingga pelestarian serta pengembangan motif batik Muaro Jambi yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas dan pelestarian terhadap motif batik khas Muaro Jambi menurut Undang-undang Cagar Budaya serta Undang-undang Pemajuan Kebudayaan.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perlindungan Pemerintah Daerah, Batik Muaro Jambi, Pelestarian, Seni Budaya
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70831
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Mar 2019 09:39
Last Modified:23 Mar 2019 09:39

Repository Staff Only: item control page