WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PT VICTORIA CARE INDONESIA DENGAN OUTLETNYA DI KOTA SOLO (Studi Kasus di PT Victoria Care Indonesia Cabang Semarang)

Heronema Fella , Ayu Ekatami and Achmad , Busro (2018) WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PT VICTORIA CARE INDONESIA DENGAN OUTLETNYA DI KOTA SOLO (Studi Kasus di PT Victoria Care Indonesia Cabang Semarang). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

1092Kb

Abstract

Kontrak diterapkan dalam berbagai perusahaan dalam melakukan kerjasama salah satunya diterapkan di perusahaan distribusi. Salah satu perusahaan distribusi di Indonesia adalah PT Victoria Care Indonesia yang mendistribusikan produk kosmetik, toiletries, dan perawatan kesehatan. Salah satu perjanjian yang dilakukan oleh PT Victoria Care Indonesia Cabang Semarang adalah perjanjian kerjasama dengan outlet di Solo. Proses pelaksanaan perjanjian kerjasama ini menimbulkan beberapa masalah sehingga mengakibatkan adanya wanprestasi. Sehubungan dengan hal tersebut, tesis ini mengangkat dua permasalahan yaitu pertama bagaimana akibat hukum dengan adanya wanprestasi atas perjanjian kerjasama yang terjadi antara PT Victoria Care Indonesia dengan outletnya di Kota Solo, dan yang kedua bagaimana cara penyelesaian wanprestasi perjanjian kerjasama yang terjadi antara PT Victoria Care Indonesia dengan outletnya di Kota Solo. Penulisan tesis ini menggunakan Metode Pendekatan Socio Legal, dengan Spesifikasi Penelitian Analisis Deskriptif, yang bersumber pada studi kepustakaan dan wawancara lalu dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan pembahasan terhadap hasil penelitian bahwa perjanjian kerjasama antara PT Victoria Care Indonesia Cabang Semarang dengan outlet di Solo sudah sesuai dengan Pasal 1320 KUHPerdata. Oleh sebab itu, perjanjian memiliki akibat hukum yaitu pemenuhan perjanjian yang berlaku untuk kedua belah pihak. Penyelesaian wanprestasi oleh PT Victoria Care Indonesia adalah menuntut adanya pemenuhan perjanjian. Sedangkan penyelesaian oleh pihak outlet di Solo adalah memperpanjang tutup pajak, dan memperbarui perjanjian kerjasama dengan PT Victoria Care Indonesia Cabang Semarang dengan nama outlet yang baru. Perjanjian Kerjasama antara PT Victoria Care Indonesia Cabang Semarang dengan Outlet di Solo diselesaikan dengan cara kekeluargaan terlebih dahulu dalam hal ini dengan musyawarah. Sehingga, penyelesaiannya tidak diperlukan sampai ke jalur hukum atau pengadilan karena tindakan musyawarah yang dilakukan sudah tercapai kesepakatan untuk memecahkan masalah.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perjanjian, Kerjasama, Wanprestasi, Distribusi
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70813
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:22 Mar 2019 16:26
Last Modified:22 Mar 2019 16:26

Repository Staff Only: item control page