PENGARUH LAMA PENYIMPANAN AMPAS KELAPA YANG DIBERI EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.) DALAM KEMASAN KARUNG BLACU TERHADAP KUALITAS FISIK ORGANOLEPTIK

PERTIWI, RENNI ANIE and Pujaningsih, Retno Iswarin and Mukodiningsih, Sri (2019) PENGARUH LAMA PENYIMPANAN AMPAS KELAPA YANG DIBERI EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.) DALAM KEMASAN KARUNG BLACU TERHADAP KUALITAS FISIK ORGANOLEPTIK. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL.

[img]
Preview
PDF
211Kb
[img]
Preview
PDF
87Kb
[img]
Preview
PDF
93Kb
[img]
Preview
PDF
166Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

109Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

566Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

800Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh lama penyimpanan dan penambahan ekstrak daun kersen dalam pengawetan ampas kelapa terhadap kualitas fisik organoleptik selama penyimpanan. Ekstrak daun kersen yang merupakan antibiotik, antibakteri dan antioksidan yang ditambahkan dalam ampas kelapa sehingga ampas kelapa dapat disimpan dengan jangka waktu yang lama dan tidak mudah bau tengik. Penelitian dilakukan di Laboratorium Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang, dari bulan Agustus 2018 - April 2019. Analisis Proksimat di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Pakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Proses sokletasi dilakukan di Laboratorium Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Semarang. Materi yang digunakan adalah ampas kelapa, ekstrak daun kersen, karung blacu dan benang jahit. Rancangan yang digunakan adalah dengan menggunakan rancangan acak lengkap pola faktorial 2×3 dengan perlakuan penambahan atau tidak penambahan ekstrak daun kersen pada ampas kelapa sebagai faktor pertama dan perbedaan lama penyimpanan pada ampas kelapa (0 minggu, 2 minggu, dan 4 minggu). Masing-masing perlakuan dilakukan dengan 5 ulangan. Parameter yang diamati yaitu uji organoleptik yang terdiri dari tekstur, warna, aroma dan ada tidaknya jamur. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis ragam dengan uji F pada taraf 5%, apabila terdapat perbedaan akan dilanjutkan dengan uji beda Duncan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat interaksi perlakuan penambahan ekstrak daun kersen dan perbedaan lama penyimpanan pada ampas kelapa berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap uji organoleptik yang terdiri dari tekstur, warna, aroma dan ada tidaknya jamur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lama penyimpanan menyebabkan penurunan kualitas organoleptik dan pemberian ekstrak daun kersen pada ampas kelapa dapat mempertahankan kualitas organoleptik dari ampas kelapa meliputi tekstur, warna, aroma dan ada tidaknya jamur.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:70727
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:21 Mar 2019 10:04
Last Modified:21 Mar 2019 10:04

Repository Staff Only: item control page