PENGARUH AKTIVASI FISIK BENTONIT DENGAN SUHU DAN LEVEL PEMBERIAN BERBEDA TERHADAP KANDUNGAN Coliform dan Salmonella PELLET LIMBAH PENETASAN

MAFRUKHI, FADLI and Sulistiyanto, Bambang and Sumarsih, Sri (2019) PENGARUH AKTIVASI FISIK BENTONIT DENGAN SUHU DAN LEVEL PEMBERIAN BERBEDA TERHADAP KANDUNGAN Coliform dan Salmonella PELLET LIMBAH PENETASAN. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL SCIENCE.

[img]
Preview
PDF
307Kb
[img]
Preview
PDF
153Kb
[img]
Preview
PDF
173Kb
[img]
Preview
PDF
171Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

171Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

234Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

656Kb

Abstract

Penelitian untuk mengkaji pengaruh interaksi aktivasi bentonit dengan suhu pemanasan dan level pemberian bentonit berbeda terhadap kandungan Coliform dan Salmonella pellet limbah penetasan, telah dilaksanakan pada bulan Agustus - Desembar 2017 di Laboratorium Teknologi Pakan dan Laboratorium Ilmu Nutrisi Ternak, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang. Materi penelitian adalah limbah penetasan yang terdiri atas cangkang telur 30%, telur gagal menetas 60%, Day Old Chick (DOC) afkir 10%, onggok 10% dan bentonit yang sudah diaktivasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial dengan suhu aktivasi bentonit sebagai faktor pertama A1 dan A2 (300 ᵒ C dan 600 ᵒ C) dan level bentonit yang sudah diaktivasi sebagai faktor kedua T0, T1, T2 dan T3 (0%, 1%, 3% dan 5%). Masing-masing perlakuan diulang 3 kali. Parameter yang diamati adalah kandungan bakteri Coliform dan Salmonella. Data analisis menggunakan Analisis Ragam (Analysis of Variance / ANOVA) untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap parameter, apabila terdapat pengaruh perlakuan maka dilakukan uji lanjut yaitu uji beda nyata terkecil (BNT) untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan Hasil menunjukan tidak terdapat pengaruh interaksi maupun parsial, antara suhu aktivasi bentonit dan level penambahan bentonit terhadap kandungan bakteri Coliform dan Salmonella pellet limbah penetasan. Pemberian bentonit yang diaktivasi dengan suhu dan level pemberian yang berbeda tidak memberikan pengaruh terhadap kandungan Coliform, namun tidak ditemukan adanya bakteri Salmonella. Rata-rata kandungan bakteri Coliform pellet limbah penetasan dengan penambahan bentonit diaktivasi pada suhu 300 ᵒ C dan 600 ᵒ C masing-masing yaitu 6,7 x 10 5 dan 5,7 x 10 5 cfu/g. Rata-rata kandungan bakteri Coliform pellet limbah penetasan dengan penambahan bentonit diaktivasi pada level pemberian 0%, 1%, 3%, 5% adalah 5,0 x 10 5 , 6,2 x 10 5 , 8,1 x 10 5 , 5,5 x 10 5 cfu/g. Disimpulkan bahwa kombinasi suhu aktivasi dan penambahan level bentonit aktivasi dalam proses pelleting belum mampu menekan pertumbuhan bakteri Coliform pellet limbah penetasan. Produk pellet yang dihasilkan aman karena tidak ditemukan bakteri Salmonella dan jumlah Coliform masih dalam batas aman.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:70663
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Mar 2019 11:14
Last Modified:20 Mar 2019 11:14

Repository Staff Only: item control page