PROFIL PERFORMANS ITIK TEGAL BETINA DENGAN SISTEM PEMELIHARAAN INTENSIF DAN SEMI INTENSIF DI KTT BULUSARI KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG

ADI, AGAM PRADIPTA and Sunarti, Dwi and Muryani, Rina (2019) PROFIL PERFORMANS ITIK TEGAL BETINA DENGAN SISTEM PEMELIHARAAN INTENSIF DAN SEMI INTENSIF DI KTT BULUSARI KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL SCIENCE.

[img]
Preview
PDF
317Kb
[img]
Preview
PDF
151Kb
[img]
Preview
PDF
100Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

212Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

395Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

905Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sistem pemeliharaan intensif dan semi intensif terhadap performans itik Tegal betina berupa komposisi dan konsumsi nutrien, konversi pakan, pendapatan peternak, dan produksi telur. Penelitian dilaksanakan pada bulan April – Mei 2018 di peternakan rakyat Desa Bulu, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Materi yang digunakan dalam penelitian yaitu itik Tegal betina dari 13 peternak itik di KTT Desa Bulu Kecamatan Petarukan yang terdiri dari 6 peternak dengan sistem pemeliharaan semi intensif dan 7 peternak dengan sistem pemeliharaan intensif. Itik Tegal dipelihara selama 40 hari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang menginterprestasikan suatu data dari sampel penelitian yang dianalisis dengan uji Mann-Whitney untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan. Parameter yang diamati adalah komposisi dan konsumsi pakan, produksi telur, konversi pakan dan keuntungan yang diperoleh peternak atau income over feed cost (IOFC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pemeliharaan secara intensif dan semi intensif tidak berpengaruh terhadap produksi telur, tetapi berpengaruh terhadap konsumsi pakan, konversi pakan dan income over feed cost (IOFC). Konsumsi pakan itik intensif dan semi intensif yaitu sebesar 284,13 g dan 57,81 g; konversi pakan sebesar 7,09 dan 1,43; hen day production (HDP) sebesar 57,58% dan 58,84%. ; dan pendapatan peternak sebesar Rp. 28.222.200,00/tahun dan Rp. 11.603.350,00/tahun. Simpulannya itik Tegal betina yang dipelihara secara intensif dan semi intensif di KTT Bulusari Pemalang menghasilkan produksi telur yang sama. Pemeliharaan secara semi intensif mempunyai konversi pakan lebih rendah sehingga dapat menekan biaya pakan dan peternak dapat mendapatkan keuntungan lebih besar.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:70659
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Mar 2019 11:06
Last Modified:20 Mar 2019 11:06

Repository Staff Only: item control page