KOMBINASI KALSIUM MIKROPARTIKEL DAN ACIDIFIER PADA RANSUM PROTEIN STEP DOWN TERHADAP BAKTERI USUS DAN PERTAMBAHAN BOBOT BADAN BROILER

KURNIAWAN, HAVIDZ and Suthama, Nyoman and Sulistiyanto, Bambang (2019) KOMBINASI KALSIUM MIKROPARTIKEL DAN ACIDIFIER PADA RANSUM PROTEIN STEP DOWN TERHADAP BAKTERI USUS DAN PERTAMBAHAN BOBOT BADAN BROILER. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL SCIENCE.

[img]
Preview
PDF
691Kb
[img]
Preview
PDF
88Kb
[img]
Preview
PDF
238Kb
[img]
Preview
PDF
383Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

146Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

613Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1668Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemberian kalsium organik mikropartikel dan asam sitrat sebagai acidifier dalam ransum protein step down protein terhadap tingkat keasaman (pH) usus halus, jumlah bakteri asam laktat (BAL) dan Escherichia coli (E. coli) usus halus, laju digesta dan pertumbuhan ayam broiler. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2018 di Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Ternak penelitian adalah 160 ekor ayam broiler (unsex) strain CP 707 umur 15 hari dengan bobot awal 413 ± 11 g dan dipelihara sampai umur 42 hari dalam kandang battery ukuran panjang 65 cm, lebar 35 cm, dan tinggi 35 cm. Bahan penyusun ransum terdiri dari jagung giling, bekatul, bungkil kedelai, tepung ikan, tepung cangkang telur mikropartikel dan non mikropartikel, mineral mix + vitamin A, CaCO dan asam sitrat. Perlakuan yang diterapkan yaitu T0: ransum menggunakan Ca non mikropartikel dengan protein 21%, T1: ransum menggunakan Ca non mikropartikel dengan protein 18%, T2: ransum menggunakan Ca mikropartikel dengan protein 18%, T3: ransum menggunakan Ca non mikropartikel dengan protein 18% + asam sitrat 1,2%, dan T4: ransum menggunakan Ca mikropartikel dengan protein 18% + asam sitrat 1,2%. Parameter yang diamati meliputi pH usus, laju digesta, populasi bakteri asam laktat (BAL) dan Escherichia coli, dan pertambahan bobot badan (PBB). Penelitian disusun dalam rancangan acak lengkap dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan (masing-masing 8 ekor). Data dianalisis ragam dan dilanjutkan dengan uji Duncan pada probabilitas 5%. 3, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pH usus pada perlakuam Ca mikropartikel ditambah asam sitrat 1,2% (T4) lebih rendah dibandingkan T0 dan T1 (P<0,05), dan populasi Escherichia coli nyata (P<0,05) lebih rendah terhadap T1. Jumlah BAL nyata (P<0,05) lebih tinggi dibandingkan T1, tetapi sama dengan T0. Laju digesta T4 lebih tinggi (P<0,05) dibandingkan T0 dan T3, dan PBB pada T4 sama dengan perlakuan T0. Simpulan, penggunaan kombinasi Ca mikropartikel (2%) dan asam sitrat (1,2%) sebagai acidifier pada ransum protein dengan protein 18% (T4) mampu menurunkan pH dan jumlah Eschericia coli. Perlakuan kombinasi tersebut juga mampu meningkatkan populasi BAL dan mempertahankan PBB ayam broiler.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:70654
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Mar 2019 09:59
Last Modified:20 Mar 2019 09:59

Repository Staff Only: item control page