Pengaruh Penambahan Limbah Rumput Laut dan Limbah Air Kelapa terhadap Kandungan B, CU dalam Pengolahan Limbah Ternak Kambing sebagai Pupuk Organik Cair

Mila Octavia Pratito, (2019) Pengaruh Penambahan Limbah Rumput Laut dan Limbah Air Kelapa terhadap Kandungan B, CU dalam Pengolahan Limbah Ternak Kambing sebagai Pupuk Organik Cair. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
284Kb

Abstract

Limbah ternak kambing memiliki potensi untuk menjadi pupuk organik cair, keberadaannya yang tidak diolah dapat menyebabkan pencemaran dan penyakit. Limbah ternak kambing memiliki kandungan N, P dan K yang cukup tinggi yaitu N(1,50 mg/L), P (0,13 mg/L), K (1,80 mg/L) namun memiliki kandungan unsur hara mikro yang rendah yaitu Cu 2,965 ppm dan B 0 ppm. Untuk itu diperlukan penambahan aktivator untuk mengolah limbah ternak kambing menjadi pupuk organik cair, aktivator yang digunakan ialah limbah rumput laut dan limbah air kelapa karena memiliki kandungan unsur hara mikro sehingga dapat meningkatkan kandungan unsur hara pada produk pupuk organik cair. Penelitian ini menggunakan 6 reaktor dengan perbandingan limbah 70% dan aktivator sebanyak 30%. Penambahan aktivator bertujuan untuk mengkaji pengaruh limbah rumput laut dan air kelapa terhadap kandungan B, Cu serta mengetahui variasi dosis yang menghasilkan kualitas pupuk organik cair yang optimum kemudian dibandingkan dengan standar Permentan Nomor 70 Tahun 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi terbaik yaitu pada reaktor R6 dengan penambahan dosis rumput laut 5%, air kelapa 20%, MOL tunas bambu 5% dapat menghasilkan pupuk dengan kandungan unsur hara makro C-Organik, N-Total, P-Total, dan K-Total masing-masing sebesar 41,53%, 3,16%, 0,866%, 5,847% dan unsur hara mikro B, Cu masing-masing sebesar 50 ppm, 1,135 ppm. Kemudian hasil pengujian toksisitas menggunakan uji GI adalah 150% yang menunjukkan bahwa pupuk organik cair sudah matang dan stabil sehingga tidak bersifat toksik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:70646
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Mar 2019 22:18
Last Modified:19 Mar 2019 22:33

Repository Staff Only: item control page