RATIO DECIDENDI HAKIM PENGADILAN TATA USAHA NEGARA DALAM MEMUTUS SENGKETA TATA USAHA NEGARA TENTANG LINGKUNGAN HIDUP BERKAITAN DENGAN PENERAPAN ASAS DOMINUS LITIS (ANALISIS PUTUSAN NOMOR 062/G/LH/2016/PTUN.SMG)

PUSPITASARI, MUTIARA AYU and LEONARD, LAPON TUKAN and Putrijanti, Aju (2019) RATIO DECIDENDI HAKIM PENGADILAN TATA USAHA NEGARA DALAM MEMUTUS SENGKETA TATA USAHA NEGARA TENTANG LINGKUNGAN HIDUP BERKAITAN DENGAN PENERAPAN ASAS DOMINUS LITIS (ANALISIS PUTUSAN NOMOR 062/G/LH/2016/PTUN.SMG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
495Kb

Abstract

Pengadilan Tata Usaha Negara dibentuk dengan tujuan untuk memeriksa, mengadili dan memutus sengketa Tata Usaha Negara. Salah satu sengketa yang termasuk dalam kewenangan Pengadilan Tata Usaha Negara yaitu sengketa mengenai pengelolaan dan pembangunan yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Pada saat pembuatan putusan, hakim berkewajiban untuk mencantumkan ratio decidendi serta tidak cenderung untuk bersifat prosedural formalistik demi mewujudkan kepastian hukum dan pemenuhan rasa keadilan. Asas Dominus Litis dalam Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara dimaksudkan untuk mengimbangi kedudukan para pihak karena Penggugat adalah orang atau badan hukum perdata sedangkan Tergugat adalah Pejabat Tata Usaha Negara. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Kata Kunci : Ratio Decidendi, Pengadilan Tata Usaha Negara, Sengketa Lingkungan Hidup, Asas Dominus Litis.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:70579
Deposited By:Ms Fahim FH
Deposited On:13 Mar 2019 15:26
Last Modified:13 Mar 2019 15:26

Repository Staff Only: item control page