Hasil Turnitin Jurnal Metris,volume 16, No. 1 Tahun 2015 an. Bambang Purwanggono dengan judul "Model Penilaian Efektivitas Transfer Teknologi Pada Klaster Industri Mebel"

Utami Handayani, Naniek and Bambang Purwanggono, Bambang and Santoso , haryo Hasil Turnitin Jurnal Metris,volume 16, No. 1 Tahun 2015 an. Bambang Purwanggono dengan judul "Model Penilaian Efektivitas Transfer Teknologi Pada Klaster Industri Mebel". Departemen Teknik Industri. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF - Other
3176Kb

Abstract

Tolok ukur yang digunakan dalam menilai kinerjaindustri UKM adalah pencapaian nilai tambah, sehingga usaha untuk meningkatkan nilai tambah sepanjang rantai kegiatan merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan keunggulan bersaing.Guna mendorong keberlanjutan bisnis UKM diperlukan adanya dukungan riset dan transfer teknologi, pemahaman manajemen dan kewirausahaaan, yang disertai dengan rangkaian sistem dan media kerjasama yang menjembatani keberadaan dan perkembangan riset, teknologi, manajemen, dan kewirausahaan terhadap pertumbuhan dan perkembangan perilaku dan kelembagaan UKM. Proses transfer teknologi seringkali mengalami kendala diantaranya kemampuan belajar/ pemahaman yang kurang terhadap adanya teknologi baru, rendahnya dukungan lingkungan, budaya masyarakat yang tidak mendukung, dan keengganan bekerjasama diantara para pihak yang terkait. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah AHP. Output yang diharapkan adalah adanya model penilaian efektivitas transfer teknologi pada klaster industri. Keyword:transfer teknologi, penilaian efektivitas, AHP

Item Type:Other
Subjects:T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:70544
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Mar 2019 10:09
Last Modified:12 Mar 2019 10:09

Repository Staff Only: item control page