PERANAN ORGANISASI NOTARIS DALAM PELAKSANAAN KEWAJIBAN MAGANG BAGI CALON NOTARIS (Studi Pada Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia Kota Semarang)

BAIQ RATNA , UTAMI PRATIWI and Edith , Ratna (2018) PERANAN ORGANISASI NOTARIS DALAM PELAKSANAAN KEWAJIBAN MAGANG BAGI CALON NOTARIS (Studi Pada Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia Kota Semarang). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

953Kb

Abstract

Magang merupakan salah satu syarat yang wajib dilakukan oleh calon Notaris, guna menyelaraskan antara ilmu kenotariatan yang diperoleh saat proses perkuliahan dengan praktik Notaris dan Syarat magang untuk calon Notaris bersifat imperatif, artinya harus ditempuh dan harus ada tanda bukti. Dan bagi para Notaris penerima magang pun diwajibkan untuk menerima calon Notaris magang hal ini sebagaimana tercantum dalam UUJN, Pasal 16 huruf “n”. Pembahasan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia Kota Semarang dalam pelaksanaan kewajiban magang bagi calon Notaris dan 2) Bagaimana Kendala yang dihadapi dan solusi mengatasi kendala yang menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan proses magang bagi calon Notaris di Kota Semarang. Metode yang digunakan adalah penelitian hukum empiris dengan spesifikasi penelitian deskriftif analitis. Data yang digunakan adalah bersumber dari data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan melalui teknik wawancara dengan narasumber, serta data sekunder yang dikumpulkan dari penelitian kepustakaan melalui penelaahan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Data yang dihimpun dianalisis secara kualitatif dalam mendeskripsikan permasalahan penelitian dengan hasil penarikan simpulan secara induktif. Berdasarkan pembahasan dapat diketahui bahwa: 1) Peranan Pengurus Daerah INI dalam pelaksanaan kewajiban magang bagi calon Notaris di Kota Semarang tidak berjalan sebagaimana mestinya karena calon Notaris hanya melakukan magang dengan prakarsa sendiri tanpa ada rekomendasi dari organisasi. 2) Kendala yang dihadapi oleh calon Notaris dalam proses pelaksanaan magang sebagian besar karena adanya penolakan dari Notaris penerima magang, seharusnya jika dilakukan dengan bantuan rekomendasi dari organisasi maka meminimalisir penolakan dengan adanya surat pengantar dari organisasi. Saran dalam penelitian ini yaitu: 1) Peranan Pengda INI dalam pelaksanaan kewajiban magang bagi calon Notaris sangat penting harus dilakukan sebagaimana peraturan dalam UUJN dan prosedur yang sudah ditetapkan oleh organisasi INI. 2) Bagi Calon Notaris juga harus aktif dan mengikuti prosedur yang ada. 3) Bagi Notaris Penerima Magang, dapat membantu proses magang agar membentuk calon Notaris yang professional dan bermartabat. 4) Bagi Program studi MKn dapat mengadakan MOU dengan Organisasi Notaris dalam hal ini Pengurus Daerah dimasing-masing daerah kedudukan untuk memperlancar proses pelaksanaan magang.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Notaris, Magang
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70418
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Mar 2019 13:54
Last Modified:05 Mar 2019 13:54

Repository Staff Only: item control page