PERLINDUNGAN HUKUM DALAM TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN YANG DINYATAKAN PAILIT BAGI PEKERJA DENGAN KONTRAK PEKERJA AKTIF (Studi Kasus Kepailitan pada PT. Jabagarmindo Pasar Kemis Kabupaten Tangerang)

Yuliani , Indah Permatasari and Paramita , Prananingtyas (2017) PERLINDUNGAN HUKUM DALAM TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN YANG DINYATAKAN PAILIT BAGI PEKERJA DENGAN KONTRAK PEKERJA AKTIF (Studi Kasus Kepailitan pada PT. Jabagarmindo Pasar Kemis Kabupaten Tangerang). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

979Kb

Abstract

Amanat UU Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003 pasal 95 ayat 4 yang berbunyi: Dalam hal perusahaan dinyatakan pailit atau dilikuidasi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka upah dan hak-hak lainnya dari pekerja/buruh merupakan utang yang didahulukan pembayarannya. Pasal 95 ayat (4) UUK menyebutkan bahwa Kreditor pemegang gadai, jaminan fidusia, hak tanggungan, hak agunan maupun hipotik adalah kreditor yang harus didahulukan. Kedua pasal diatas berakibat pada upah pekerja kontrak aktif yang mana perusahaan di tempatnya bekerja dinyatakan pailit. Problematik penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah perlindungan hukum dan tanggung jawab perusahaan bagi pekerja dengan kontrak pekerja aktif apabila perusahaan dinyatakan pailit ? 2) Bagaimana pelaksanaan hak pekerja dengan kontrak pekerja aktif apabila perusahaan dinyatakan pailit?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan yuridis empiris yang bersumber dari pengumpulan data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder, kemudian dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum dan tanggung jawab perusahaan bagi pekerja dengan kontrak pekerja aktif apabila perusahaan dinyatakan pailit sebagian besar perusahaan mengeluarkan kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan pelaksanaan hak pekerja dengan kontrak pekerja aktif apabila perusahaan dinyatakan pailit yaitu Penyelesaian pemenuhan hak pekerja di PT Jaba Garmindo, para pekerja yang di PHK berusaha mencari keadilan meskipun melalui proses yang panjang mendapatkan haknya. Saran kepada Pemerintah agar dalam upaya memberikan jaminan dan perlindungan hukum yang lebih baik terhadap para pekerja termasuk kontrak pekerja aktif, dalam hal terjadi kepailitan pembentuk undang-undang memang perlu melakukan sinkronisasi dan harmonisasi undang-undang yang terkait dengan pengaturan hak-hak para pekerja.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perusahaan, Kepailitan dan Pekerja.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70386
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:05 Mar 2019 09:59
Last Modified:05 Mar 2019 09:59

Repository Staff Only: item control page