ANALISIS YURIDIS TANGGUNG JAWAB DIREKSI TERHADAP KEABSAHAN PEMINDAHAN HAK ATAS SAHAM YANG TIDAK DICATATKAN DALAM DAFTAR PEMEGANG SAHAM DAN DAFTAR KHUSUS PERSEROAN TERBATAS

Shahinshah , Satria Al Aziz and Paramita , Prananingtyas (2017) ANALISIS YURIDIS TANGGUNG JAWAB DIREKSI TERHADAP KEABSAHAN PEMINDAHAN HAK ATAS SAHAM YANG TIDAK DICATATKAN DALAM DAFTAR PEMEGANG SAHAM DAN DAFTAR KHUSUS PERSEROAN TERBATAS. Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

2239Kb

Abstract

Pemindahan Hak atas Saham sebagai bukti tertulis wajib dicatat terlebih dahulu oleh Direksi PT dalam Daftar Pemegang Saham dan Daftar Khusus PT dan dibuat dalam administrasi PT. Daftar Pemegang Saham dan Daftar Khusus PT wajib dilakukan untuk melindungi pemegang saham agar memiliki hak untuk menghadiri dan mengeluarkan suara dalam RUPS, menerima pembayaran dividen dan sisa kekayaan hasil likuidasi, serta hak lainnya yang diatur dalam UUPT 40/2007, dan untuk mengurangi terjadinya benturan kepentingan. Penulisan Hukum ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab direksi terhadap Pemindahan Hak ats Saham yang tidak dicatatkan dalam Daftar Pemegang Saham dan Daftar Khusus PT dan mengetahui Keabsahan Pemindahan Hak Atas Saham yang tidak dicatatkan dalam Daftar Pemegang Saham dan Daftar Khusus PT. Metode pendekatan yang digunakan yaitu yuridis normatif, maka jenis datanya adalah data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan yang terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, serta penelitian terdahulu yang berkaitan dengan objek kajian penelitan ini. Pelaksanaan Daftar Pemegang Saham dan Daftar Khusus PT merupakan syarat penting dalam kegiatan PT. Kurangnya kesadaran pelaku usaha dalam menjalankan ketentuan Pasal 50 dan 51 UUPT 40/2007 menjadi alasan utama. Tanggung jawab direksi untuk mencatat dan/atau mengadakan Daftar Pemegang Saham dan Daftar Khusus suatu ketentuan yang harus dipatuhi. Maksud dan tujuan dari pelaksanaan ketentuan Pasal 50 dan 51 UUPT 40/2007 adalah untuk menghindari conflict of interest dan praktik bisnis yang kotor. Hakekat yang mendasari dari kewajiban pengadaan Daftar Pemegang Saham dan Daftar Khusus PT merupakan upaya untuk keterbukaan informasi demi tercapainya suatu tata kelola perusahaan yang baik. Dari hasil penelitian ini, ada beberapa hal yang menjadi saran, pelaku usaha harus memahami hukum dengan baik dan perlu diberlakukannya sanksi terhadap pelaku usaha yang melanggar.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Tanggung Jawab Direksi, Pemindahan Hak Atas Saham, Daftar Pemegang Saham
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70343
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:04 Mar 2019 15:04
Last Modified:04 Mar 2019 15:04

Repository Staff Only: item control page