Studi Orientasi Ideologi Marhaenisme Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDI-P) Provinsi Jawa Tengah

Wiwin , Kurniasih (2018) Studi Orientasi Ideologi Marhaenisme Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDI-P) Provinsi Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
961Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
334Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
299Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
354Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
149Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
131Kb

Abstract

Penelitian ini membahas tentang studi orientasi ideologi marhaenisme DPD PDI-P Jawa Tengah. Kajian mengenai hal tersebut dilakukan karena ideologi seringkali tidak dijadikan pedoman dalam pembuatan kebijakan, ideologi masih dipandang sebagai sesuatu yang sifatnya abstrak. Akibatnya kebijakan internal maupun eksternal sering bersifat normatif dan bukan penurunan dari nilai-nilai ideologi tersebut. Permasalahan lain mengenai ideologi partai adalah menyangkut lemahnya fungsi ideologi dalam kerja partai. Fungsi ideologi sebagai penarik basis masa atau dalam sistem perwakilan dikenal sebagai jembatan antara wakil dan konstituennya tidak optimal. Jawa Tengah dengan julukan kandang banteng sebagai satu provinsi yang dapat menggambarkan tentang pelaksanaan penerapan ideologi PDI-P yang mengusung marhaenisme sebagai dasar perjuangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Situs penelitian di DPD PDI-P Jawa Tengah dengan penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder yang diperoleh dari teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan telaah dokumen. Temuan penelitian yang diperoleh adalah ideologi sebagai dasar perjuangan terbukti diterapkan dalam konsep kerja organisasi di DPD PDI-P Jawa Tengah. Namun orientasi kognitif yang dimiliki kader dan anggota DPD PDI-P Jawa Tengah menyajikan realitas bahwa pemahaman marhaenisme sebagai dasar perjuangan hanya dalam tataran informatif belum pada pelibatan perasaan dan kombinasi nilai dalam tindakan. Akibatnya hambatan datang dari kurangnya pemahaman secara konseptual dan praksis tentang marhaenisme sehingga materialisasi nilai ideologis yang telah terkonsep dalam kerja organisasi di DPD PDI-P Jawa Tengah tidak berjalan. Sementara itu, perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang pesat menuntut DPD PDI-P Jawa Tengah untuk memiliki konsistensi dalam menerjemahkan dasar perjuangan sesuai konteks ruang dan waktu dengan menggunakan perangkat analisis yang tajam. Berdasarkan temuan penelitian tersebut, maka saran yang diberikan adalah peningkatan pemahaman kader dan anggota melalui kaderisasi berkesinambungan, penambahan alokasi dana untuk proses kaderisasi dan penanaman nilai ideologi serta materialisasi ideologi sesuai konteks ruang dan waktu.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:70340
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:05 Mar 2019 08:50
Last Modified:05 Mar 2019 08:50

Repository Staff Only: item control page