ANALISA YURIDIS PENERAPAN AZAS ITIKAD BAIK DALAM PENDAFTARAN MEREK (Studi Dalam Sengketa Antara Merek Piere Cardin Perancis Melawan Alexander Satriowibowo (Pierre Cardin Indonesia))

SAEFUL , ARIF and Budi , Santoso (2017) ANALISA YURIDIS PENERAPAN AZAS ITIKAD BAIK DALAM PENDAFTARAN MEREK (Studi Dalam Sengketa Antara Merek Piere Cardin Perancis Melawan Alexander Satriowibowo (Pierre Cardin Indonesia)). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

2004Kb

Abstract

Pendaftaran Merek merupakan suatu cara pengamanan oleh pemilik Merek yang sesungguhnya, sekaligus perlindungan yang diberikan oleh negara. Di dalamya memuat substansi yang essensial berkenaan dengan proses pendaftaran itu, yaitu adanya tenggang waktu antara pelaksanaan pengajuan, penerimaan dan pengumuman. Ketiga tahap itu dapat mempengaruhi sikap pihak ketiga atas terdaftarnya suatu Merek, sehingga terbuka kemungkinan untuk dilakukannya penolakan dan pembatalan pendaftaran suatu Merek. Wujud perlindungan lainnya dari negara terhadap pendaftaran Merek adalah Merek hanya dapat didaftarkan atas dasar permintaan yang diajukan pemilik Merek yang beritikad baik (good faith). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan yuridis normatif, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data dalam penelitian ini bersumber dari data sekunder yang meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Penelitian ini dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa : 1). Merek harus didaftar dengan itikad baik, artinya jika seseorang mencoba mendaftarkan sebuah merek yang disadarinya sebagai merek milik orang lain atau serupa dengan milik orang lain, maka merek tersebut tidak dapat didaftarkan. Masalah itikad tidak baik tersebut juga akan timbul jika seseorang telah memakai suatu merek dalam periode sebelumnya, tetapi memilih tidak mendaftarkan merek tersebut; 2) Konsep ideal pendaftaran merek di Indonesia berdasarkan nilai keadilan yang beradab adalah pengaturan yang komprehensif, sistemik baik dari aspek kultur hukum maupun struktur hukum.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Pendaftaran Merek, Itikad Baik
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70337
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:04 Mar 2019 14:39
Last Modified:04 Mar 2019 14:39

Repository Staff Only: item control page