PRAKTIK POLOGORO PADA TRANSAKSI JUAL BELI TANAH (STUDI HUKUM ADAT DAN HUKUM TANAH NASIONAL DI DESA BANDASARI KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL)

RYANDA , MAHAPUTRA UTAMA and Yusriyadi, Yusriyadi (2017) PRAKTIK POLOGORO PADA TRANSAKSI JUAL BELI TANAH (STUDI HUKUM ADAT DAN HUKUM TANAH NASIONAL DI DESA BANDASARI KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

1937Kb

Abstract

Praktik pologoro pada transaksi jual beli tanah di Desa Bandasari Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal adalah sebuah pungutan yang dilakukan oleh Kepala Desa atau perangkat desa kepada para pihak yang melakukan transaksi jual beli tanah di wilayah desa setempat untuk memberikan sejumlah uang guna melancarkan pengurusan administrasi yang diperlukan kaitannya dengan data tanah yang menjadi objek jual beli, dan juga untuk jasa Kepala Desa dan perangkat desa karena turut menjadi saksi yang membenarkan bahwa si penjual memang benar pemilik tanah dan memang berwenang untuk menjual tanah tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: bagaimana praktik pologoro pada transaksi jual beli tanah di Desa Bandasari Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal dilaksanakan, dan bagaimana relevansi praktik pologoro pada transaksi jual beli tanah ditinjau dari hukum adat dan hukum tanah nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan praktik pologoro yang dilakukan pihak desa pada transaksi jual beli tanah yang ada di wilayah desa setempat dan bagaimana relevansi antara keberadaan praktik pologoro dengan transaksi jual beli tanah, sehingga para pihak baik penjual dan pembeli wajib untuk membayar uang pologoro tersebut. Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah yuridis sosiologis, karena penelitian hukum ini menggunakan data dari riset lapangan dengan cara wawancara beberapa sumber yang terkait atau mengetahui tentang praktik pologoro pada transaksi jual beli tanah. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa praktik pologoro pada transaksi jual beli tanah di Desa Bandasari Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal dilakukan pada tahap ketika para pihak yang bertransaksi hendak mengurus berkas administrasi terkait kebenaran data tentang tanah yang diperjual belikan, dan ketika tanah tersebut hendak disertipikatkan, maka Kepala Desa dan/atau perangkat desa memiliki peran yaitu sebagai saksi bahwa tanah tersebut memang benar rinciannya, keberadaannya, kepemilikannya, dan transaksinya. Praktik pologoro sudah menjadi kebiasaan yang dipraktikkan sejak dulu, dan seolah sudah menjadi hukum bagi warga setempat yang jika tidak dilakukan maka dirasa melanggar hukum, meskipun dalam hukum tanah nasional sudah diatur bagaimana transaksi jual beli tanah dilakukan dan biaya administrasi apa saja yang harus dibayarkan oleh para pihak.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:pologoro, jual beli tanah, pemerintah desa.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70335
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:04 Mar 2019 14:29
Last Modified:04 Mar 2019 14:29

Repository Staff Only: item control page