Kerjasama Thailand dan Amerika Serikat dalam menangani kasus Slavery and Human Trafficking di Industri Perikanan Thailand 2013-2017

Habeahan , Peri Anda (2018) Kerjasama Thailand dan Amerika Serikat dalam menangani kasus Slavery and Human Trafficking di Industri Perikanan Thailand 2013-2017. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
465Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
314Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
804Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1178Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
134Kb

Abstract

Kasus perbudakan dan perdagangan manusia di Thailand merupakan salah satu bentuk kejahatan lintas negara yang cepat berkembang. Menurut data Interpol pada tahun 2009, fenomena global ini sering terjadi khususnya di banyak negara berkembang di dunia. Kasus perbudakan dan perdagangan manusia di Thailand disebabkan oleh faktor kemiskinan dan pengangguran, arus globalisasi, maraknya jaringan broker, rendahnya penegakan hukum, serta keterlibatan pemerintah dalam kasus korupsi dengan mengambil keuntungan dari kejahatan kemanusiaan tersebut. Kasus ini mengakibatkan migran asal Kamboja, Myanmar dan Laos yang diperjual-belikan untuk bekerja di sektor industri penangkapan ikan di laut Thailand mendapat kekerasan fisik bahkan beberapa diantaranya menjadi korban pembunuhan oleh pemilik dan crew kapal. Penahanan paksa, ancaman kekerasan di atas kapal dan pelabuhan membuat para buruh kerap mencoba melarikan diri. Kasus ini menjadi tantangan tersendiri bagi Amerika Serikat sebagai salah satu mitra ekspor hasil laut Thailand. Tekanan internasional bermunculan dari media, NGOs dan organisasi internasional yang menyoroti kedua negara serta meminta Thailand dan AS untuk segera mengambil keputusan dan tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerjasama yang ditempuh kedua negara dalam menangani kasus perbudakan dan perdagangan manusia di Thailand tahun 20132017. Tipe penelitian ini adalah deskriptif-eksplanatif dengan teknik analisis data kualitatif melalui pengumpulan data teknik pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah penjelasan mengenai penetapan kebijakan pemerintah Amerika Serikat dan Thailand dalam menangani kasus perbudakan dan perdagangan manusia di Thailand, yakni pemberian bantuan dana oleh USAID dan Bureau of Democracy, Human Rights and Labor (DRL) dengan implementasi berbagai program dan kolaborasi serta kerjasama dalam bidang penanganan korupsi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JZ International relations
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
ID Code:70321
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Mar 2019 13:48
Last Modified:04 Mar 2019 13:48

Repository Staff Only: item control page