PEMBUKTIAN KEPEMILIKAN HAK ATAS KARYA CIPTA LAGU “JAUH / TINGGAL KENANGAN” (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 385 K/Pdt.Sus/2009)

Robby , Putra Negara and Budi, Santoso (2017) PEMBUKTIAN KEPEMILIKAN HAK ATAS KARYA CIPTA LAGU “JAUH / TINGGAL KENANGAN” (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 385 K/Pdt.Sus/2009). Masters thesis, Fakultas Hukum UNDIP.

[img]Archive (ZIP) - Published Version
Restricted to Registered users only

2234Kb

Abstract

Dalam bidang Hak Cipta kasus tentang sengketa lagu, saling mengklaim tentang kepemilikan atau pemegang hak cipta atas karya cipta suatu lagu, seharusnya Undang – undang menjadi pelindung bagaimana sistem penegakan hukum negara kita tidak hanya menjadi pelengkap semata. Namun sekarang telah muncul Undang – undang baru mengenai hak cipta yaitu Undang-undang nomor 28 tahun 2014, namun masih ada kerancuan mengenai hak cipta yang belum di daftarkan. Dalam Penelitian ini tertarik untuk mengkaji lebih dalam, dilihat dari contoh kasus yang diambil, perselisihan antara Grup Band Caramel sebagai Penggugat melawan Rifai Ilyas sebagai Tergugat, pada putusan nomor 385 K/Pdt.Sus/2009, yang pada amar putusannya menyatakan Rifai Ilyas sebagai pemilik sah atas lagu yang berjudul Jauh / Tinggal kenangan. Akan tetapi pada putusan terdahulunya saat Grup Band Caramel sebagai Tergugat bersengketa melawan Armanto Hasyim sebagai Penggugat, yaitu pada putusan nomor 07/HAKI/Pdt/2008/PN.Niaga/PN Sby, tanggal September 2008, Majelis Hakim pada putusannya telah menetapkan Grup Band Caramel sebagai pemilik yang sah atas lagu Tinggal kenangan. Pada prinsipnya Hak Cipta diperoleh bukan karena pendaftaran, tetapi dalam hal terjadi sengketa di Pengadilan mengenai Ciptaan yang terdaftar dan tidak terdaftar sebagaimana dimaksud pada ketentuan ayat (1) huruf a huruf b. Berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri/Niaga Surabaya yang telah berkekuatan hukum tetap, maka pembuktian tentang siapa Pencipta dan Pemegang Hak Cipta atas ciptaan lagu "Tinggal Kenangan" tidak perlu lagi dibuktikan karena berdasarkan Putusan Pengadilan tersebut, Penggugat sudah ditetapkan sebagai Pencipta sekaligus sebagai pemegang Hak Ciptaatas lagu dengan Judul "Tinggal Kenangan". Kurang tepat tindakan yang dilakukan oleh Tergugat I yang mengabulkan permohonan yang terbaru dan mengabaikan permohonan pendaftaran terdahulu. Berdasarkan dalil-dalil tersebut diatas, demi adanya satu kepastian hukum seharusnya membatalkan dan menyatakan batal demi hukum dan atau tidak berkekuatan hukum pendaftaran ciptaan lagu berjudul. "Jauh" atas tindakan Tergugat I ini

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Pembuktian Kepemilikan, Hak Cipta, Karya Cipta Lagu.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:70316
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:04 Mar 2019 09:54
Last Modified:04 Mar 2019 09:54

Repository Staff Only: item control page